Sasar Suara Milenial, Caleg Ini Kampanye di Puncak Gunung

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Minggu 07 April 2019 22:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 07 606 2040296 sasar-suara-milenial-caleg-ini-kampanye-di-puncak-gunung-cxCB65tLKh.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Berbagai cara dilakukan para calon legislatif untuk meraup suara pada kampanye terbuka Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 ini. Kaum milenial menjadi segmen yang paling banyak diincar caleg dari berbagai partai.

Hal tersebut dianggap wajar, suara pemilih milenial dalam Daftar Pemilih Tetap KPU proporsinya sekitar 34,2 % dari total 152 juta pemilih dan keberadaannya kerap disebut bakal menentukan arah politik bangsa Indonesia ke depan.

Tak heran, Capres Nomor Urut 01, Joko Widodo langsung mempraktekkan beragam jenis kampanye yang menyasar kawula muda, seperti melakukan video blog (vlog), mengundang berbagai influencer media sosial untuk melakukan wawancara, hingga sempat membuat heboh dunia dengan aksinya di pembukaan Asian Games.

Selain itu, merujuk pada data Badan Pusat Statistik, prediksi pemilih milenial pada Pilkada 2018 sekitar 35 %. Dalam konteks perilaku pemilih, kelompok milenial tergolong jenis pemilih rasional (kritis).

Maka dari itu, berbagai upaya kreatif pun dilakukan. Mulai dari beriklan di media sosial, menarik remaja dengan pelatihan hingga konser, bahkan berkampanye dengan segmen milenial yang jarang tersentuh, seperti mendekati para pecinta alam dan penyuka buku.

Salah satu caleg dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Chicha Koeswoyo punya cara sendiri menyosialisasikan namanya kepada dua segmen milenial tersebut. Dalam rangka Hari Buku Dunia, 7 milenial pecinta alam dari Jakarta Timur membentangkan spanduk Chicha di atas Puncak Gunung Merbabu.

Tujuh orang milenial itu tergabung dalam "Ekspedisi Kawan Chicha" dengan misi menggelorakan semangat literasi dalam rangka Hari Buku Dunia di bulan April ini.

Ketujuh milenial ini adalah Joel, Dedy, Erwin, Arry, Achong, Noval, dan Achil. Di ketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut, mereka memanjatkan doa pada Allah, Tuhan Yang Mahakuasa, untuk kesehatan dan kesuksesan Chicha Koeswoyo sebagai Caleg DPR RI Dapil 1 Jakarta Timur, dengan nomor urut 4.

"Di Puncak Merbabu ini, kami angkat doa permohonan pada Tuhan untuk Bunda Chicha agar diberi hikmat, kesehatan, dan kekuatan untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita," ujar Joel, ketua ekspedisi ini.

Chicha sendiri, ketika diminta komentarnya, begitu sangat terharu melihat inisiatif anak-anak muda ini mendaki dan mendoakannya di Puncak Merbabu. "Anak-anakku, sahabatku. Terima kasih kalian telah bawa aku ke Puncak Merbabu. Insya Allah, aku akan selalu menjaga amanahmu," ujarnya sambil menitikkan air mata. (kha)

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini