Share

Swafoto di Dekat Landasan Pacu Bandara Thailand Ini Bisa Diancam Hukuman Mati

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 09 April 2019 18:59 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 09 18 2041197 swafoto-di-dekat-landasan-pacu-bandara-thailand-ini-bisa-diancam-hukuman-mati-nUn8T6BbfI.jpg Foto: Reuters.

BANGKOK - Para turis yang ingin mewujudkan keinginan mereka untuk melakukan swafoto di landasan pacu salah satu bandara terkenal di Thailand kini mungkin harus berpikir berulangkali sebelum mencoba melakukannya. Hal itu dikarenakan undang-undang baru Thailand memperkenalkan hukuman mulai dari denda sampai hukuman mati bagi siapa pun yang melakukan aksi yang dikenal sebagai “runway selfie” (swafoto landasan pacu) tersebut.

"Orang-orang dan turis tidak akan diizinkan memasuki area ini untuk mengambil foto," kata Wakil Kepala Bandara Internasional Phuket, Wichit Kaeothaithiam kepada Bangkok Post sebagaimana dilansir RT, Selasa (9/4/2019). "Hukuman maksimum adalah hukuman mati."

Aturan baru itu memberlakukan hukuman yang berat bagi mereka yang ingin mengambil foto di Pantai Mai Khao yang populer.

Pihak berwenang Thailand mengatakan, tren para turis untuk berfoto di Pantai Mai Khao yang berdekatan dengan bandara ternyata menimbulkan gangguan bagi para pilot dan menambah beban bagi rute penerbangan yang sudah sangat sibuk dengan 24 penerbangan setiap jam selama 24 jam sehari.

Karena hal itulah pihak berwenang mengumumkan 'zona selfie' yang berada di ujung pantai di laut pulau itu terlarang untuk turis dengan hukuman mulai dari denda mencapai 40.000 baht (sekira Rp17,7 juta), hukuman penjara hingga hingga 20 tahun, atau hukuman mati di bawah Undang-Undang Navigasi Udara Thailand.

Drone dan lampu, terutama sinar matahari yang dipantulkan dari layar smartphone, telah menjadi gangguan utama bagi pendaratan pilot di Phuket dalam beberapa tahun terakhir, dan Kaeothaithiam menegaskan bahwa "pariwisata dan keselamatan harus hidup berdampingan."

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini