nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trump Hentikan Kebijakan Pemisahan Keluarga di Perbatasan AS-Meksiko

Agregasi VOA, Jurnalis · Rabu 10 April 2019 11:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 10 18 2041435 trump-hentikan-kebijakan-pemisahan-keluarga-di-perbatasan-as-meksiko-U2Xbhv9H4r.jpg Dua orang anak di perbatasan AS-Meksiko. Foto/Reuters

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan, ia tidak berniat untuk memberlakukan kebijakan yang memisahkan anak-anak migran Amerika Tengah dari orang tua mereka, ketika mereka melintasi perbatasan selatan AS dari Meksiko untuk mencari suaka di Amerika Serikat.

"Kami tidak ingin melakukan itu," kata Trump di Gedung Putih.

Pemerintahan Trump tahun lalu memisahkan lebih dari 2.700 anak dari orang tua mereka.

Beberapa orang dewasa dikenakan pelanggaran keimigrasian dan lainnya dipulangkan ke Meksiko, Guatemala, Honduras dan El Salvador, sementara anak-anak mereka tetap di tahanan AS dengan harapan pada akhirnya akan memperoleh suaka.

BacaAnak-Anak yang Dipisahkan dari Orang Tua, Menangis dalam Kesedihan di Perbatasan AS

Trump, dari partai Republik menyalahkan pendahulunya dari partai Demokrat, mantan Presiden Obama, yang punya kebijakan pemisahan anak, meskipun ada perbedaan dalam cara kedua pemimpin AS itu dalam mengurus gelombang pendatang yang terus mencari jalan masuk ke AS.

"Presiden Obama yang punya kebijakan pemisahan anak," kata Trump. "Saya yang menghentikannya."

Obama tidak menerapkan kebijakan pemisahan anak, dan Trump juga tidak secara eksplisit. Tetapi akibat dari kebijakan tanpa toleransi yang dipromosikan mantan Jaksa Agung Jeff Sessions, adalah untuk memisahkan keluarga ketika mereka memasuki AS secara illegal.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini