nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

AS dan Rusia Tanggapi Kepresidenan Indonesia di Dewan Keamanan PBB

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 10 April 2019 18:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 10 18 2041692 as-dan-rusia-tanggapi-kepresidenan-indonesia-di-dewan-keamanan-pbb-MYi5XDJUKM.jpg Respons Menlu Retno Marsudi saat Indonesia terpilih menjadi anggota dewan keamanan tidak tetap PBB. Foto/VOA

JAKARTA - Duta Besar Amerika Serikat (AS) menyampaikan ucapan selamat atas kesempatan yang diperoleh Indonesia sebagai Presiden Dewan Keamanan PBB pada Mei 2019.

Dubes Joseph R. Donovan Jr. mengatakan, AS menantikan untuk berinteraksi lebih erat dengan Indonesia dalam menyelesaikan masalah yang melibatkan kedua negara.

"Kami mengucapkan selamat kepada Indonesia yang menempati kursi Dewan Keamanan selama dua tahun mendatang dan mengucapkan selamat bagi Indonsia yang maju menjadi Presiden Dewan Keamanan bulan depan," kata Dubes Donovan saat ditemui media usai peluncuran Prangko Peringatan 70 tahun hubungan bilateral Indonesia-AS di Kementerian Luar Negeri RI, Rabu (10/4/2019).

"Kami menantikan untuk bekerja dengan Indonesia dalam mengoordinasikan isu yang akan datang di Dewan Keamanan."

Donovan mengatakan, meski Indonesia dan AS tidak sepaham dalam beberapa isu di Dewan Keamanan, terutama mengenai Palestina, kedua negara terus melakukan konsultasi secara rutin baik di tingkat pejabat senior maupun di tingkat kerja.

Senada dengan Donovan, Duta Besar Rusia, Lyudmila Vorobyeva juga menyatakan bahwa Rusia akan bekerja sama erat dengan Indonesia selama masa kepresidenan Indonesia di Dewan Keamanan bulan depan, terutama dalam isu Palestina.

"Rusia dan Indonesia memiliki posisi yang hampir sama dalam masalah Palestina. Kami sangat mendukung bahwa Indonesia membawa masalah ini menjadi perhatian Dewan Keamanan PBB dan komunitas internasional pada umumnya. Karena terkadang perhatian dialihkan ke hal-hal lain seperti Suriah.

"Masalah ini telah bersama kami selama beberapa dekade. Kami sangat menghargai upaya Indonesia dan kami mendukung semua upaya untuk menyelesaikan masalah ini," kata Lyudmila dalam press briefing rutin di Jakarta.

Dia mengatakan, negaranya akan berkonsultasi dengan Indonesia terkait isu Palestina dan berharap kerja sama kedua negara dapat berbuat sesuatu mengenai isu tersebut.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini