Masyarakat Tak Perlu Khawatirkan Seruan People Power dari Amien Rais

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 10 April 2019 18:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 10 605 2041695 masyarakat-tak-perlu-khawatirkan-seruan-people-power-dari-amien-rais-bJ5MZspwrB.jpg Ketua Dewan Pembina PAN, Amien Rais (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

JAKARTA - Penyelenggaraan Pilpres 2019 diprediksi akan berjalan aman dan lancar. Sebab, selama ini KPU RI sebagai penyelenggara pemilu dinilai sudah menjalankan tugasnya secara baik sesuai aturan.

Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo mengimbau masyarakat Indonesia untuk tidak mempedulikan seruan people power dari Ketua Dewan Pembina Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais pasca-gelaran Pemilu 2019.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, meski Amien Rais sempat melontarkan pernyataan soal people power. Saya yakin tidak akan mampu menggerakkan massa," kata Karyono kepada wartawan di Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Dia menyebut, pengaruh ketokohan atau tingkat popularitas Amien Rais sudah semakin menurun. Ia meminta kepada masyarakat untuk tetap mewaspadai berita hoaks atau bohong menjelang hari pencoblosan pada 17 April 2019 mendatang.

Amien Rais

"Hoaks sekarang seperti sebuah industri, trennya terus meningkat seperti dari data Kemenkominfo bahwa sepanjang Agustus 2018 sampai Maret 2019 ada 1.224 konten hoaks, di mana 331 di antaranya bermuatan politik," ujarnya.

Masalah lain, kata dia, ialah ajakan golput atau tidak memilih. Meski golput adalah hak atau pilihan seseorang, namun sebaiknya warga yang sudah terdaftar di dalam daftar pemilih tetap (DPT) untuk tetap datang ke TPS untuk mencoblos.

“Sudah jelas ya hilang kesempatan memilih pemimpin. Harus dilihat program ke depan seperti apa silakan. Jadi, saya pribadi mengimbau kepada generasi milenial dan semuanya gunakan hak pilih, jangan golput," tuturnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini