nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip Cara Surya Sahetapy Nyoblos di Perpustakaan Kampus

Okky Wanda lestari, Jurnalis · Rabu 10 April 2019 15:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 10 65 2041606 kuliah-di-amerika-surya-sahetapy-nyoblos-duluan-di-perpustakaan-kampus-B6555rtRCd.png Foto: Instagram Surya Sahetapy

JAKARTA – Surya Sahetapy anak dari penyanyi kondang Dewi Yul yang juga artis Tanah Air, membeberkan bagaimana cara mencoblos surat suara bagi kaum disabilitas. Dia pun menyampaikan sosialisasi tersebut dalam unggahan akun instagram miliknya @suryasahetapy.

Saat ini, Surya sedang mengenyam pendidikan di salah satu universitas di New York, Amerika Serikat (AS). Dia mengatakan, bahwa dia harus memilih calon pemimpin negara di negara orang.

“Halo teman-teman hari ini saya coblos” tulisnya dalam unggahannya, Rabu, (10/4/2019).

Baca Juga: Tenang, Anak Berkebutuhan Khusus Berpeluang Bisa Disembuhkan

Terlihat surya yang sedang mencoblos calon presiden RI di dalam perpustakaan, lalu surat suara tersebut dimasukkan ke dalam amplop putih. Kemudian dia kembali mencoblos untuk anggota DPR, dan memasukkan kembali ke dalam amplop berwarna ungu.

“Begini cara saya coblos duluan di Amerika! Tepatnya di perpustakaan kampus,” ujarnya.

Dia mengatakan, kegiatan ini merupakan kewajiban yang harus dilakukan untuk Indonesia, di mana masyarakat pada umumnya melakukan pada 17 April 2019.

Surya yang seorang penyandang disabilitas Tuna Wicara mengatakan, Indonesia harus ramah terhadap penyandang disabilitas dengan melakukan edukasi umum untuk memahami perbedaan, seperti mengunjungi sekolah disabilitas, dan sekolah yang beda budaya serta ikut kegiatan kemanusiaan.

Baca Juga: Peringati Hari Autis Sedunia, Rumah Robot Gelar Seminar Pendidikan Berkarakter Tulang Punggung Bangsa

Dengan maksimalkan kemampuan dan profesi yang dimiliki diharapkan dapat mensupport mereka. Misalnya, dengan memilih jurusan pendidikan Bahasa Indonesia kemudian ambil kelas bahasa isyarat tingkat mahir. Dengan begitu, kalian bisa mengajar mereka penyandang disabilitas.

“Btw, saya ga jadi ganti kewarganegaraan haha. Ga masuk akal kan kalau saya bisa coblos tetapi udh ganti kewarganegaraan. KTP New York atau State Idenitity (ID) Card bisa untuk mahasiswa atau pekerja yang tinggal sementara beda lho sama KTP warga negara Amerika/Citizen Card,” tulisnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini