nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bawaslu Gandeng KPK Awasi Praktik Politik Uang Jelang Pencoblosan

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 11 April 2019 18:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 11 337 2042184 bawaslu-gandeng-kpk-awasi-praktik-politik-uang-jelang-pencoblosan-LcR6Y57a2f.JPG Ketua Bawaslu RI, Abhan saat menyambangi Gedung KPK (Foto: Arie Dwi Satrio/Okezone)

JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyambangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (11/4/2019). Kedatangan mereka bertujuan mengajak lembaga antirasuah pimpinan Agus Rahardjo Cs itu untuk bersama-sama melakukan patroli pengawasan terhadap kemungkinan adanya praktik politik uang menjelang hari pencoblosan Pilpres maupun Pileg 2019.

Bawaslu mengundang para pimpinan KPK untuk duduk bersama membahas rencana pengawasan bersama mengantisipasi adanya serangan-serangan 'fajar' mendekati hari pencoblosan.

"Jadi dari Bawaslu, kami ini dalam rangka untuk menghadapi masa tenang, termasuk fokus pengawasan kami terhadap dengan persoalan politik uang. Harapan kami besok pimpinan KPK ada yang datang," kata Ketua Bawaslu, Abhan kepada wartawan di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (11/4/2019).

Tak hanya itu, kata Abhan, Bawaslu juga ingin membahas beberapa persoalan yang dianggap bisa dilakukan bersama dengan KPK pada masa tenang kampanye. Salah satunya, soal sosialisasi terkait praktik politik uang.

"Bahwa ini menjelang masa tenang dan beberapa hari lagi. Maka tentu kami akan menghadapi persoalan yang ada beberapa hal nanti yang bisa dilakukan bersama perangkat KPK dan pemberantasan korupsi,"‎ tuturnya.

Gedung KPK

Dirinya berharap serangan fajar atau peredaran politik uang dapat diminimalisir pada Pem‎ilu tahun ini. Oleh karenaya, Bawaslu mengajak KPK untuk melakukan sosialisasi serta patroli pengawasan bersama.

"Harapan kami enggak bertambah (kasus politik uang-red). Makanya upaya pencegahan kami lakukan dengan melakukan patroli pengawasan, dengan bentuk kami jajaran kami sampai di tingkat desa tanggal 14, 15, 16 April patroli di seluruh daerah. Ya, ini untuk menyampaikan pesan agar ruang kecurangan tak bisa dilakukan," kata Abhan menandaskan.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini