nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Panitia UTBK Sudah Siapkan Kertas dan Alat Tulis untuk Peserta

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 12 April 2019 16:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 12 65 2042624 panitia-utbk-sudah-siapkan-kertas-dan-alat-tulis-untuk-peserta-cpjJ7wdeKw.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memastikan, peserta Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) SBMPTN 2019 tak perlu membawa perlengkapan di luar dari yang ditetapkan pada kartu peserta. Hal itu sekaligus memastikan peserta tak perlu membawa perlengkapan alat tulis.

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto menyatakan, dalam ketentuan yang diatur oleh panitia, di hari ujian peserta diharuskan membawa kartu tanda peserta UTBK 2019. Selain itu fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi atau surat keterangan duduk di kelas 12, juga kartu identitas seperti KTP.

"Jadi di luar itu peserta tak perlu bawa," katanya kepada Okezone, Jumat (12/4/2019).

 Baca Juga: UTBK di Hari Pertama Akan Dibanjiri 136 Ribu Peserta

Terkait kebutuhan peserta akan kertas untuk coretan ketika menghadapi soal penghitungan, Budi mengatakan, panitia telah menyiapkannya. Sekaligus menyiapkan kebutuhan alat tulis.

"Jadi peserta tidak perlu membawa kertas coret-coretan buat menghitung. Itu sudah kita siapkan semua," ujar dia.

Dia juga menyatakan, sistem ujian berbasis komputer ini membuat penggunaan alat tulis sangat minim. Bahkan menurutnya, peserta tak akan dapat melakukan kecurangan seperti mencontek hingga menggunakan joki.

"Jadi joki juga seharusnya sudah tidak bisa," kata dia.

 Baca Juga: H-1 UTBK, ITB Peringatkan Siswa Tak Telat karena Car Free Day

Disamping itu, peserta juga diminta untuk hadir 30 menit sebelum waktu ujian dan sudah mengetahui Iokasi juga ruang tes sesuai dengan yang tertera di kartu tanda peserta UTBK 2019.

Peserta juga diharuskan mengetahui dan memahami dengan benar tata tertib ujian. Sebab, setiap pelanggaran terhadap tata tertib ujian akan mengakibatkan peserta dibatalkan ujiannya.

Ingin mengasah kemampuan ujian? Klik Try Out Online UTBK SBMPTN Okezone secara gratis di sini.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini