nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menristekdikti Jamin Pelaksanaan UTBK "Bersih" dari Joki

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 12 April 2019 16:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 12 65 2042627 menristekdikti-jamin-pelaksanaan-utbk-bersih-dari-joki-wADvj07aDz.jpg Foto: Menristekdikti (Okezone)

JAKARTA - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir memastikan tidak ada lagi perjokian pada pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) akan segera dimulai pada 13 dan 14 April 2019.

"UTBK kali ini terhindar jauh dari joki. Di mana ujian ini tidak bisa dilakukan orang lagi untuk melakukan perjokian karena soal di simulasi yang ketat dan soalnya semua peserta UTBK berbeda-beda soalnya," ujarnya di Gedung Kemristekdikti Jakarta, Jumat (12/4/2019).

 Baca Juga: Menristekdikti: Peserta UTBK Jangan Resah

Dia menuturkan, peserta UTBK harus konsentrasi mengejarkan soalnya. Dan semoga bisa mendapat hasil yang memuaskan dan baik.

"UTBK ini model pertama kali dan mulai kami coba agar government nya semakin baik dan kami sudah studi banding ke Amerika Serikat maupun Eropa di dalam sistem penerimaan dengan gelar ini," tutur dia.

 Baca Juga: Panitia UTBK Sudah Siapkan Kertas dan Alat Tulis untuk Peserta

Dia menambahkan, selama penerimaan mahasiswa kan melalui SBMPTN yakni dilakukan ujian terlebih dahulu. Setelah ujian diterima atau tidak. Tapi kali kali ini tidak, hanya menggunakan nilai.

"Jadi para calon mahasiswa ini ketika mendaftar ke perguruan tinggi sudah didapatkan tempat mana yang akan daftarnya," kata dia.

Ingin mengasah kemampuan ujian? Klik Try Out Online UTBK SBMPTN Okezone secara gratis di sini.

https://tryout.okezone.com/

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini