nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Moses Mayer, Putra Indonesia Jawara Matematika Dunia

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 12 April 2019 19:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 12 65 2042727 moses-mayer-putra-indonesia-jawara-matematika-dunia-Kn8SaK4iXn.jpg Foto: Moses Mayer (Giri/Okezone)

JAKARTA - Putra Indonesia kembali menjadi perbincangan hangat di kancah internasional. Adalah Moses Mayer siswa Jakarta Intercultural School (JIS) berhasil mengharumkan nama Indonesia di sejumlah kompetisi bergengsi di bidang bahasa, matematika, sains, robotika, informatika dan komputasi dunia.

Tak hanya pada tahun ini saja, Moses sudah berprestasi sejak masih di sekolah dasar hingga saat ini di kelas 12.

Dia memenangkan banyak penghargaan olimpiade maupun kompetisi matematika serta informatika atau computer science di tingkat nasional maupun internasional, di antaranya medali emas OSN, medali emas National Olympiad in Informatics di Singapura, medali perunggu Internasional Olympiad of Metropolises di Moscow, medali perunggu di Junior Balkan Mathematical Olympiad di Romania, hingga medali-medali dan penghargaan bidang matematika maupun bidang informatika di Cina, Kazakhstan, Hong Kong dan lainnya.

 Baca Juga: Jagoan Matematika Ini Diterima di Harvard hingga Universitas Singapura

Bagi Moses, JIS sangat berperan dalam memperkuat minatnya terhadap matematika dan computer science. Namun di antara tiga bidang study tersebut, memang matematika lah yang paling disenangi oleh Moses

"Minat saya matematika, komputer dan ekonomi. Tapi yang paling tertarik adalah Matematika karena banyak hal yang bisa menggunakan saya di bidang lain juga," ujarnya saat ditemui di JIS, Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Menurut Moses, orangtuanya memberikan kebebasan untuk dirinya mengembangkan minatnya. Termasuk juga para guru di sekolahnya yang mana memberikan dia izin.

“Sejak saya baru masuk JIS, para guru mengizinkan agar saya mengambil kelas matematika di atas tingkat kelas saya, agar saya dapat belajar banyak hal. JIS juga mendukung saya ketika saya berangkat ke olimpiade atau mengikuti pembinaan dan pelatihan nasional,” katanya

 Baca Juga: Utamakan Gelar Akademis, 5 Artis Ini Cocok jadi Panutan

Kini Moses sedang mempersiapkan diri untuk memasuki jenjang universitas. Yang membanggakan, Moses telah menerima tawaran untuk kuliah di kampus-kampus top kelas dunia.

Lima kampus yang masuk dalam jajaran Ivy League dan siap menyambutnya adalah Harvard University, Princeton University, Yale University, Cornell University dan University of Pennsylvania. Selain itu, M.E.T UC Berkeley, UCLA, University of Michigan dan Carnegie Melon University juga telah menerima Moses untuk belajar di kampus mereka.

Dari lima kaampus tersebut, Moses memberikan sinyal untuk memilih Harvard University. Rencananya pada Agustus 2019 mendatang dirinya akan berangkat.

"Deadline-nya akhir tahun kedua. Harvard dulu (pilihannya). Berangkatnya mungkin Agustus," ucapnya.

JIS Head of School Tarek Razik mengatakan, Di sekolah, Moses memiliki nilai sempurna A dan A* untuk semua mata pelajarannya, dan aktif dalam kegiatan-kegiatan sekolah. Ia pun berusaha menyebarkan kecintaan terhadap matematika kepada murid-murid lain dengan mendirikan Mu Alpha Tetha – Math Honor Society di JIS. Klub ini merupakan chapter pertama di Indonesia yang berpusat di Amerika Serikat. Ia juga merupakan bagian dari Student Council dan National Honor Society.

"Moses adalah potret dari banyak siswa JIS yang memiliki semangat untuk meraih prestasi tinggi dan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk dunia di sekitarnya. Murid-murid ini mendapat kesempatan dan dukungan yang sangat besar dari JIS untuk bisa mengembangkan minat mereka sekaligus berkontribusi kepada masyarakat yang merupakan bagian dari kehidupan mereka. Inilah yang menjadikan JIS sebagai lembaga yang memiliki peran sangat penting dalam memajukan dunia pendidikan Indonesia sejak dulu hingga hari ini,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini