nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peserta UTBK di UI Depok Tegang, Mulutnya Komat Kamit Baca Doa

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Sabtu 13 April 2019 10:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 13 65 2042991 peserta-utbk-di-ui-depok-tegang-mulutnya-komat-kamit-baca-doa-2XhpyeWQhj.jpg Foto: Wahyu (Okezone)

DEPOK - Sejumlah pelajar dari berbagai daerah melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019 gelombang pertama di gedung RIK Universitas Indonesia (UI) kampus Depok, Jawa Barat, pada Sabtu (13/4/2019).

Dihari pertama UTBK, seluruh peserta dibagi kedalam beberapa ruangan yang sudah terdapat komputer. Sebelum memasuki ruangan peserta diwajibkan untuk memperhatikan tata tertib ujian, salah satunya membawa alat tulis dan tidak boleh membawa telephone genggam.

Tepat pukul 07.30 WIB, seluruh peresta harus sudah memasuki ruangan untukengikuti ujian tahap pertama, salah satunya LB 207. Raut wajah tegang terlihat dari para peserta, bahkan ada peserta yang terlihat komat kamit di mulutnya seraya membaca doa.

"Pastinya mau ujian di UI tegang ya apalagi seleksinya ketat sekali, saya berharap bisa lulus saja," Kata Ridwan peserta UTBK di UI Depok.

Supaya tenang dalam mengikuti UTBK hari pertama ini, dirinya terus membaca lantunan ayat-ayat Alquran. Segala doa dipanjatkan kepada tuhan meminta agar UTBK di tahun 2019 ini bisa lulus.

"Siapa sih yang ingin kuliah di UI, pastinya semua orang kepingin. Saya persiapan sudah dan terakhir hanya berdoa saja semoga usaha saya tidak sia-sia," pungkasnya.

Diketahui Materi UTBK 2019 adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). TPS mengukur kemampuan kognitif, yang terdiri atas kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Sementara TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah. Soal-soal ujian diarahkan pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Pelaksanaan UTBK Gelombang Pertama dilakukan pada 13, 14, 20, 27, 28 April, dan 4-5 Mei 2019. Sedangkan Gelombang Kedua diadakan pada 11, 12, 18, 25 dan 26 Mei 2019.

Pada tahun 2019, persyaratan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2019 adalah wajib mengikuti UTBK. UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019.

UTBK menggunakan soal-soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik untuk memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi. Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SBMPTN dilakukan LTMPT – yang merupakan satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

Ingin mengasah kemampuan ujian? Klik Try Out Online UTBK SBMPTN Okezone secara gratis di sini.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini