nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UTBK di UI Depok Berjalan Tenang, Orangtua Dilarang Mendekat Ruang Ujian

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Sabtu 13 April 2019 11:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 13 65 2042996 utbk-di-ui-depok-berjalan-tenang-orangtua-dilarang-mendekat-ruang-ujian-GGWvK1eFfM.jpg Foto: Wahyu Muntinanto (Okezone)

DEPOK - Sejumlah pelajar dari berbagai daerah melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019 gelombang pertama di gedung RIK Universitas Indonesia (UI) kampus Depok, Jawa Barat, pada Sabtu (13/4/2019).

Saat menjalankan ujian seluruh orang tua siswa yang mendampingi anaknya mengikuti UTBK dilarang mendekat, mereka diwajibkan menjauh dari ruangan tempat para peserta melaksanakan ujian.

Salah satu ruangan yang digunakan yaitu ruang LB 207 di gedung RIK kampus UI Depok. Ruangan yang terletak di lantai dua tersebut nampak seteril dan dijaga khusus oleh petugas keamanan.

"Bapak-bapak dan ibu-ibu diharapkan meninggalkan lantai dua ya, semuanya harus dibawah karena saat ujian suasana harus tenang," kata seorang panitia ujian yang tidak ingin disebutkan namanya.

Sejumlah orang tua yang mendampingi kemudian memilih untuk turun le lantai satu dan mencari tempat nyaman, mereka mengaku khawatir jika putra ataupun putrinya mengalami kegugupan ketika melakukan ujian.

"Yang ujian anaknya kita orang tua yang gugup, ya semoga lancar ujianya kami orang tua hanya bisa mendoakan saja. Semoga lulus," ujarnya.

Diketahui Materi UTBK 2019 adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). TPS mengukur kemampuan kognitif, yang terdiri atas kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Sementara TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah. Soal-soal ujian diarahkan pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Pelaksanaan UTBK Gelombang Pertama dilakukan pada 13, 14, 20, 27, 28 April, dan 4-5 Mei 2019. Sedangkan Gelombang Kedua diadakan pada 11, 12, 18, 25 dan 26 Mei 2019.

Pada tahun 2019, persyaratan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2019 adalah wajib mengikuti UTBK. UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019.

UTBK menggunakan soal-soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik untuk memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi. Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SBMPTN dilakukan LTMPT – yang merupakan satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Ingin mengasah kemampuan ujian? Klik Try Out Online UTBK SBMPTN Okezone secara gratis di sini.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini