nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anaknya Hadapi UTBK, Orangtua Ini Dampingi dengan Doa

Retno Tri Wardani, Jurnalis · Sabtu 13 April 2019 11:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 13 65 2043001 anaknya-hadapi-utbk-orangtua-ini-dampingi-dengan-doa-kC4Ut63cKH.jpeg Foto: Retno/Okezone

JAKARTA - Ujian Teknologi Berbasis Komputer (UTBK) di gelar hari ini di SMAN 70 Jakarta. Total yang mengikuti ujian di tempat ini sekira 175 orang. Ujian ini merupakan proses seleksi untuk bisa diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) yang diinginkan peserta.

Berdasarkan pantauan Okezone, Sabtu (13/4/2019) sejak pukul 06.00 WIB, peserta UTBK terpantau ramai didampingi orang tuanya.

Seperti pasangan suami istri Ratna Setiastuti dan Dony Hananto yang mendampingi putranya Radifan Adli Ferdian lulusan SMAN 46. Ratna merasa tegang karena kebetulan anaknya itu adalah anak yang pertama.

"Perasaan saya deg-degan apalagi ini anak pertama, tapi saya selalu berdoa untuk yang terbaik dan anak saya juga dari ujian ke ujian sudah belajarnya sudah kontinu, jadi pas udah gongnya hari ini insyaallah sudah siap," kata Ratna kepada Okezone ketika ditemui di SMAN 70 Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Dia mengatakan, nantinya Radifan akan mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di Institut Teknologi Bandung (ITB) kemudian pilihan keduanya di Institut Seni Rupa Jogjakarta.

Karena kalau di Jakarta DKV tidak ada, mungkin kalau di Universitas Veteras Jakarta (UPN) dia akan ambil ekonomi.

Ratna menambahkan, jika anaknya tidak lolos UTBK ini akan beralih ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang baik seperti Telkom di Bandung.

Lalu ada Royto Lismawati mendampingi putrinya Nathanail dari SMA bayangkari pasar minggu. Dia mengatakan senang karena masih bisa mendampingi anaknya menghadapi ujian

"Saya senang masih bisa mendanpingi anak saya dan saya setuju sama pilihannya karena memang dia sendiri yang menginginkan itu," ujar Royto.

Nantinya Nathanail akan mengambil jurusan pertambangan di Institut Teknologi Bandung (ITB)dan jurusan kimia di Universitas Indonesia (UI).

Royto menambahkan bahwa anaknya tidak les, melainkan hanya belajar melalui jenius online dan semenjak mengikuti UTBK ini jadi sering belajar online bahkan saat malam minggu.

Sebelum memasuki ruang ujian, dia berpesan kepada anaknya bahwa harus yakin dan percaya serta jangan ragu apapun keputusannya harus diterima.

"Karena dari awal saya ajarkan dia untuk masuk Universitas Negeri".

Kemudian ada Ibu Herawati mendampingi putrinya Vina Wulandari dari SMAN 8 Tanggerang Selatan. Dirinya datang sejak pukul 06:30 WIB menggunakan Transjakarta.

Dia menyampaikan bahwa dia selalu berdoa serta puasa menjelang anaknya mengikuti UTBK tersebut.

"Saya cuman berdoa aja puasa juga. Kalo dapet apa engga itu udah urusan Allah yang penting kita udah berusaha," tutur Herawati.

Ingin mengasah kemampuan ujian? Klik Try Out Online UTBK SBMPTN Okezone secara gratis di sini.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini