nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menristek: UTBK 100% Tidak Ada Masalah

Okky Wanda lestari, Jurnalis · Sabtu 13 April 2019 13:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 13 65 2043027 menristek-utbk-100-tidak-ada-masalah-ZAA7kYI9Za.jpeg Foto: Okezone

JAKARTA - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) memberikan apresiasi kepada Lembaga Tes Masuk Perguran Tinggi Negeri (LTMPT) Universitas Indonesia atas kelancaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019.

Sebagai gambaran, Sebagai Pusat Pelaksana Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019 yang dipercayakan oleh lembaga tes masuk perguruan tinggi negeri (LTMPT), Universitas Indonesia (UI) menyiapkan ruang-ruang UTBK di wilayah Depok, Jakarta selatan, Jakarta timur dan Jakarta pusat. Selain menyiapkan ring ujian di dalam kampus UI Salemba dan Depok, UI juga menggandeng 26 SMA/SMK Negeri dan Swasta di tiga wilayah tersebut sebagai mitra Pelaksan UTBK.

Menteri riset, teknologi dan pendidikan tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir Pagi hari ini telah memantu pelaksanaaan UTBK diseluruh Indonesia pada pukul 7.30 WIB dia mengatakan pelaksanaan ini 100% tidak ada masalah dan berjalan dengan baik.

“Saya sudah mengecek peserta diseluruh di Indonesia mulai dari Aceh, Medan, Palembang, Kalimantan, Sulawesi, Maluku hingga di Papua, semua menjawab 100% tidak ada masalah dan berjalan dengan baik,” tuturnya di kampus UI Salemba, gedung Imeri, Sabtu, (13/4/209).

Pelaksanaan UTBK ini akan dilakukan sebanyak 10 kali dimana setiap harinya diadakan 2 sesi jika ditotal akan ada 20 kali ujian UTBK. Namun, menristekdikti mengatakan akan menambah 4 kali ujian lagi dan total semuanya menjadi 24.

Pada tahun 2019, persyaratan untuk mendaftar seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) 2019 adalah wajib mengikuti UTBK. UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat , serta lulusan paket C tahun 2017, 2018, dan 2019.

UTBK menggunakan soal-soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik untuk memprediksi keberhasilan lain mahasiswa di semua program studi. Pengelolaaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SBMPTN dilakukan di LTMPT yang merupakan satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar Indonesia.

Kemenristekdikti sangat mengapresiasikan setinggi tingginya atas kerja keras yang telah dilakukan panitia LTMPT dalam menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru untuk perguruan tinggi negeri ditahun 2019.

“Saya sanggat mengapresiasi setinggi tingginya atas kerja keras yang dilakukan panitia dalam mengelola dan menyelenggarakan tes penerimaan mahasiswa baru tahun 2019 ini” ujarnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini