nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies Baswedan Pantau Langsung Penertiban APK di Jalan Protokol Jakarta

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Minggu 14 April 2019 10:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 14 338 2043354 anies-baswedan-pantau-langsung-penertiban-apk-di-jalan-protokol-jakarta-w6Sbg8HvhC.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Lapangan Banteng (Foto: Sarah/Okezone)

JAKARTA - Memasuki masa tenang Pemilu 2019, alat peraga kampanye atau APK harus diturunkan atau ditertibkan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan dirinya sejak dini hari tadi telah memantau beberapa wilayah Jakarta. Dari pantauan yang dilakukan, ia menyebutkan sejumlah jalan protokol sudah bersih dari alat peraga kampanye tersebut.

Tak hanya dilakukan oleh Satpol PP, Anies Baswedan pun mengimbau kepada seluruh peserta pemilu juga turut bertanggungjawab membersikan alat-alat peraga kampanye yang selama ini dipasang.

"Sudah dimulai, saya lewat itu jam 1, setengah 2 pagi beberapa wilayah itu Satpol PP, lalu dari Dinas Lingkungan Hidup mereka membantu tugas yang sebetulnya Bawaslu lakukan," ujar Anies Baswedan saat ditemui di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (14/4/2019).

Ilustrasi Kampanye terbuka

(Baca Juga: Gagal Berikan Hak Suara, Sejumlah WNI di Sydney Kecewa)

"Jadi di lapangan kita siap bekerja bersama-sama. Saat ini jalan-jalan utama Insya Allah sudah mulai bersih, kemudian bergerak di wilayah lain, dan saya berharap seluruh peserta pemilu bertanggungjawab membersihkan alat-alat peraga yang selama ini mereka pasang," terangnya.

Ketua Bawaslu DKI Jakarta, Muhammad Jufri pun menyebutkan kalau penurunan alat peraga kampanye tidak hanya dilakukan di jalan-jalan utama, melainkan jalan-jalan kecil. Sehingga, dalam masa tenang selama 3 hari ini petugas Satpol PP DKI Jakarta akan bekerja optimal untuk membersikan APK.

"Pokoknya sebagaimana diatur dalam undang-undang masa tenang itukan selama tiga hari, maka kami akan melakukan penertiban selama tiga hari itu, dan kami upayakan itu secepat mungkin kalau hari ini selesai ya selesai," kata Muhammad Jufri.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini