nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bawaslu DKI: Jakut Paling Rawan Terjadi Kecurangan Pemilu

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Minggu 14 April 2019 11:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 14 338 2043364 bawaslu-dki-jakut-paling-rawan-terjadi-kecurangan-pemilu-1oAVt0lrTC.JPG Ketua Bawaslu DKI Jakarta, Muhammad Jufri (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Menjelang hari pencoblosan Pemilu 2019 yang tinggal menghitung hari, Bawaslu DKI Jakarta mulai memetakan sejumlah titik rawan terhadap praktik kecurangan pemilu.

Ketua Bawaslu DKI Jakarta, Muhammad Jufri mengungkapkan bahwa semua semua wilayah di DKI Jakarta sedang dalam pengawasan pihaknya. Meski begitu, ia menyebut ada satu yang menjadi perhatian khusus Bawaslu yakni wilayah Jakarta Utara.

“Ini ada satu wilayah yang memang disampaikan rawan itu Jakarta Utara. Karena di situ adalah padat penduduk kemudian juga di situ sering terjadi pelanggaran-pelanggaran,” ujar Muhammad Jufri saat ditemui wartawan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (14/4/2019).

“Karena di Jakarta Utara sudah ada dua kasus yang divonis pengadilan merupakan pelanggaran pidana, kampanye di tempat ibadah dan politik uang,” kata dia menambahkan.

Meski wilayah Jakarta Utara menjadi titik paling rawan kecurangan lanjut dia, bukan berarti wilayah lain diabaikan begitu saja. Menurutnya, semua wilayah di Jakarta punya potensi terjadi praktik kecurangan pemilu.

Kotak Suara KPU

“Salah satu TPS rawan yang kami antisipasi itu adalah di tempat yang dekat rusun, dekat apartemen, kemudian tempat yang padat penduduk, tempat yang dekat dengan yang banjir gitu ya,” tuturnya.

Dia juga memberi perhatian terhadap pemilu yang berlangsung di kawasan rusun yang diakuinya cukup rawan karena padat penduduk.

“Ya semuanya (wilayah) sebenarnya. Hampir semua ada. Kan ada apartemen, terus sudah pemilih DPTB kemudian ada pemilu di rusun dan tempat tempat yang padat penduduk semuanya itu adalah tempat rawan terjadi kecurangan,” kata Jufri menandaskan.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini