nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diam-Diam Indonesia Mampu Bikin Mobil Listrik

Mufrod, Jurnalis · Senin 15 April 2019 12:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 15 15 2043654 diam-diam-indonesia-mampu-bikin-mobil-listrik-wlgKEb6sdZ.jpg Mobil Desa (foto: Okezone)

JAKARTA - Mobil listrik produksi Indonesia memang bukan hal baru, beberapa perguruan tinggi bahkan perorangan sempat melakukan uji jalan yang pernah dilakukan mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan. Namun sayangnya proyek tersebut mandek di tengah jalan.

Kini pemerintah melalui Kemenperin kembali akan mengembangkan mobil listrik, yang kali ini berbasis pada kendaraan Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes) yakni kendaraan pedesaan dengan berbagai model.

Meski saat ini AMMDes masih mengusung mesin diesel konvensional, Kemenperin mengungkap akan mengembangkan mobil AMMDes dengan teknologi listrik.

 

"Nanti, kami akan kembangkan AMMDes versi listrik. Jadi, mesin itu nanti akan diganti menggunakan tenaga dari baterai dan motor listrik," ungkap Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Putu Juli Andika, dalam keterangannya.

Penggantian dari mesin konvensional ke elektrifikasi menurut Putu, sangat memungkinkan untuk AMMDes. Dengan begitu, nantinya selain daya tenaga yang sudah menggunakan listrik, Power Take Off (PTO) yang digunakan untuk menggerakkan beragam alat juga otomatis menggunakan listrik.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, Kemenperin akan membahasnya bersama para pakar yang ahli dalam pengembangan perangkat elektrifikasi. Sehingga nantinya AMMDes akan menjadi kendaraan yang sesuai dengan rencana Pemerintah dalam meningkatkan kendaraan listrik di Indonesia.

 

Menanggapi rencana tersebut, produsen AMMDes PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI), mengaku saat ini tengah fokus terhadap produksi AMMDes yang baru saja diperkenalkannya. Mengenai rencana elektrifikasi masih belum menjadi perhatian utama KMWI.

"Konsentrasi kami sekarang pada unit yang sedang kami produksi dulu, karena kan baru bulan kemarin (Maret) kita mulai produksinya. Untuk listrik memang ada pembahasan, nanti juga akan didiskusikan lagi," ujar Reiza.

KMWI selaku produsen dari AMMDes mulai berencana menggenjot penjualan AMMDes di berbagai wilayah. Tingginya potensi penjualan dan juga banyaknya efek positif yang bisa dihasilkan dari hadirnya AMMDes di pedesaan menjadi salah satu alasan perusahaan untuk memaksimalkan ragam jalur pemasaran yang dimilikinya.

 

Terkait produksi, saat ini KMWI memiliki kapasitas produksi sebanyak 3.000 unit per tahun. Rencananya perusahaan akan meningkatkan kapasitas terpasangnya menjadi 12 ribu unit per tahun di 2020. Perseroan membagi segmen pemasarannya menjadi dua bagian

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini