Eks Ketua MK: People Power Tak Akan Tuntaskan Masalah Pemilu

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 15 April 2019 19:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 15 605 2043884 eks-ketua-mk-people-power-tak-akan-tuntaskan-masalah-pemilu-PWGshq1v7W.jpg Hamdan Zoelva (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva menilai adanya ucapan Amien Rais yang akan mengerahkan massa atau people power jika terjadi kecurangan dalam Pemilu 2019 tak akan menyelesaikan masalah. 

“People power tidak menyelesaikan masalah yang ada justru akan menimbulkan masalah baru. Merugikan bagi bangsa ini,” ujar Hamdan di Sekretariat KAHMI, Jalan Turi, Senopati, Jakarta Selatan, Senin (15/4/2019).

Karena itu, sambung Hamdan, alangkah baiknya dalam menyelesaikan permasalah di pemilu menggunakan mekanisme yang ada. Sebab, menurutnya, institusi yang mengurus sengketa masih berjalan secara baik.

“Karena institutsi demokrasi yang menyelesaikan segala sengketa pemilu masih berjalan bagus,” tuturnya.

“Tidak lumpuh. Pengadilan masih bagus jalannya, begitu juga penegak hukum lainnya masih bisa jalan,” imbuhnya.

(Baca Juga: KAHMI Ajak Masyarakat Kawal Pemilu Damai demi Kemajuan Bangsa)

Amien Rais

Dia berharap, jika terdapat kecurangan di Pemilu 2019, alangkah baiknya melakukan dan melewati penyelesaiannnya melalui mekanisme yang ada. “Karena itu mari kita pergunakan mekanisme yang ada,” katanya.

Sebelumnya, Anggota Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Amien Rais mengatakan, akan mengerahkan massa bila menemukan kecurangan seperti menemukan ghost voters alias pemilih hantu di Pilpres 2019 ini.

“Jika DPT tidak efektif karena penuh dengan ghost voter insya Allah setelah Pemilu dan kita punya bukti ada kecurangan yang sistematik saya akan kerahkan massa untuk kumpul di Monas, menggunakan People Power,” kata Amien saat ditemui di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta Pusat, Senin 1 April 2019.

(Baca Juga: Kahmi Ajak Masyarakat Kawal Pemilu Damai demi Wujudkan Demokrasi Bermartabat

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini