nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tim Robotik Indonesia Juara Kontes Robot di AS

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 15 April 2019 20:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 15 65 2043904 tim-robotik-indonesia-juara-kontes-robot-di-as-ZsoCkQuqu3.jpg Foto: Ist

MALANG - Tim Robotik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mendapatkan raihan gemilang dalam gelaran Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC) di Trinity College Hartford Connecticut, Amerika Serikat, pada 13-15 April 2019.

Di mana ketiga tim yang dikirimkan UMM dan mewakili Indonesia meriah juara pertama dan kedua untuk kategori robot pemadam api berkaki, dan juara dua untuk kategori robot pemadam api beroda.

Kontes robot tingkat dunia ini diikuti oleh 32 tim dari berbagai seperti Israel, Tiongkok, dan lainnya. Sementara Indonesia diwakili oleh tiga tim robotik dari UMM lantaran berhasil menjuarai kompetisi robotik nasional Kemenristekdikti Republik Indonesia.

 Baca Juga: Siapkah Anak-Anak Indonesia Hadapi Era Robotik di 2030?

Semua robot, baik kategori berkaki atau beroda memiliki misi memadamkan api dengan cepat di titik pada satu ruangan atau kamar yang menyerupai rumah. Posisi titik api diletakan secara acak oleh dewan juri sehingga robot dituntut harus cekatan untuk mencari api tersebut. Setelah memadamkan api, robot di-setting untuk kembali ke titik awal. Robot dengan catatan tercepat bakal keluar sebagai pemenang.

Rektor UMM Dr. Fauzan dalam pesannya kepada tim untuk tidak hanya menjadi penonton tapi juga sebagai pemain. Tak hanya itu motivasi membebaskan dari skripsi juga membuat para mahasiswa ini begitu termotivasi memenangkan kontes robot internasional.

“Saya tidak menarget harus juara satu, tetapi yang terbaik sajalah yang saya minta,” ungkapnya, Senin (15/4/2019).

 Baca Juga: Menghadapi Kemunculan Teknologi Robotik di Era Industri 4.0

Dirinya juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi prestasi dari mahasiswanya yang tak hanya mengharuskan nama almamater kampus UMM, tapi juga negara Indonesia di kancah internasional.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini