nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

"The Sleeper" Toyota Kijang Innova Ini Ternyata Bertenaga 238 HP

Mufrod, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 16:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 16 15 2044240 the-sleeper-toyota-kijang-innova-ini-ternyata-bertenaga-238-hp-q4Z8SGn6Y9.jpg Toyota all new Kijang Innova (foto: Ist)

SURABAYA - Sosok Toyota Kijang all new Innova satu ini memang tak berbeda dengan Innova lainnya. Bahkan melihat eksteriornya tak ada kesan gahar kecuali penggunaan bonet dengan airscoop dan pelek racing yang digunakan.

Selebihnya Toyota Innova milik Innova Community Racing Team (ICRT) tak memiliki kelebihan apapun. Konsep the sleeper menjadi pilihan tampilan untuk Innova satu ini. Namun jangan pernah tanyakan kebuasan tenaga mesin yang mampu diletupkan mobil asal Surabaya ini.

 

Tampang gaya standar namun dari balik bonetnya langkah modifikasi dongkrak tenaga telah dilakukan pemiliknya. Tenaga asal pabrikan tak lagi dinilai mumpuni memuaskan hasrat kecepatan yang diinginkan, langkah gebah sektor mesin pun menjadi solusinya.

Untuk mendapatkan tenaga besar turbo VNT pabrikan terpaksa harus dipensiunkan pemiliknya, sebagai gantinya perangkat turbo aftermarket RHF4 menjadi penggantinya. Tujuan penggantian turbo untuk meningkatkan boost menjadi 2.2 bar dari sebelumnya yang hanya mampu mencapai 1.2 bar.

 

Mendukung kebutuhan udara yang dibutuhkan untuk turbo RHF4 pemilik tak bisa mengandalkan air filter pabrikan yang akhirnya harus kembali mencomot perangkat aftermarket labelan K&N. Penambahan perangkat seperti intercooler dengan custom piping juga dilakukan agar sirkulasi udara bertekanan tinggi pada turbo tersirkulasikan dengan suhu dingin. Terakhir di sektor mesin, pemasangan custom fuel system dari Garage Autowerks.

 

Kinerja mesin yang maksimal serta penggantian perangkat turbo juga didukung dengan penggunaan header yang di custom rumah modifikasi Garage Autowerks yang menyesuaikan settingan ubahan mesin untuk menunjang saluran gas buang sisa pembakaran yang maksimal.

Agar kinerja mesin tidak pincang dengan perangkat yang telah terpasang, langkah terpenting yang dilakukan yakni melakukan remap pada perangkat elektronik yakni engine control unit (ECU) yang disokong dengan perangkat elektronik tambahan piggyabck monstermax.

 

Secara keseluruhan, ubahan sektor mesin yang telah dilakukan mampu mendongkrak tenaga yang cukup besar mencapai 100 hp lebih. Berdasarkan tenaga on wheel Toyota Kijang Innova ini mampu meletupkan tenaga mencapai 238 Hp pada 4.000 rpm dengan besaran torsi mencapai 580 Nm.

Langkah modifikasi ICRT ini, merupakan ubahan untuk balap namun tetap aman digunakan sebagai mobil harian. Dengan ubahan tersebut, pemilik Innova bisa melakukan langkah modifikasi tersebut dengan biaya sekira Rp75 juta.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini