Jokowi-Ma'ruf Menang 100 Persen di Kabupaten Puncak Papua

Edy Siswanto, Jurnalis · Rabu 17 April 2019 17:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 17 605 2044805 jokowi-ma-ruf-menang-100-persen-di-kabupaten-puncak-papua-rvAinrTNft.jpg Jokowi dan Iriana Jokowi mencoblos. (Foto : Arif Julianto/Okezone)

ILAGA – Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin menang hampir 100 persen atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Kabupaten Puncak.

Perolehan suara mutlak ini terjadi atas sikap warga Puncak “bungkus” 100 persen suaranya untuk pasangan 01 di semua TPS yang ada.

Ketua KPUD Puncak Yopi Wonda, yang turut memantau proses pencoblosan di wilayahnya itu mengakui kemenangan Jokowi-Ma'ruf.

"Dari data sementara yang kami peroleh dari rekan-rekan di lapangan, dari para Ketua Pemilihan Tingkat Distrik, sampai pukul 18.00 WIT, khusus untuk calon presiden RI nomor urut 01, rata-rata unggul di semua distrik di Kabupaten Puncak," katanya, Rabu (17/4/2019).

Terkait keamanan saat proses pencoblosan, kata Yopi, secara keseluruhan berjalan dengan aman dan tertib, meski begitu pihaknya masih mewanti-wanti saat pleno tingkat kabupaten.

"Pelaksanaan pemilihan umum presiden dan legislatif, DPD RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten di wilayah Kabupaten Puncak, berjalan aman, meski kami masih mewanti-wanti, saat pleno di tingkat kabupaten nanti," ucapnya.

ilustrasi

Untuk diketahui, jumlah DPT secara keseluruhan di Kabupaten Puncak mencapai 158.330 orang. Jumlah itu terdiri atas 816.85 pemilih laki-laki dan 76.655 pemilih perempuan. Sementara jumlah TPS di Kabupaten Puncak mencapai 606.

“Tadi saya baru hubungi ke teman-teman PPD tingkat distrik, hasilnya pemilu berjalan aman dan lancar, di 25 distrik, yang dipusatkan di lima Distrik, Ilaga, Gome, Beoga, Sinak dan Doufo. Bahkan yang menariknya adalah tingkat partisipasi masyarakat saat pemilu kali ini cukup tinggi. Ini perkembangan yang luar biasa. Demokrasi kita di Puncak, mulai maju,” tuturnya.

Pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, unggul hampir di 606 TPS di Kabupaten Puncak, yang terbagi untuk tiga daerah pemilihan di Kabupaten Puncak.


Baca Juga : Jokowi: Terima Kasih KPU dan Bawaslu hingga Pemilu Berjalan dengan Lancar

Kabupaten Puncak sendiri memiliki 606 TPS, yang terbagi atas daerah pemilihan 1 terbagi atas 194 TPS, Daerah Pemilihan II terdiri atas 123 TPS, serta daerah pemilihan III terdiri atas 287 TPS.

“Untuk capres kami sudah dapat info. Capres 01 sudah meraih suara hampir seratus persen menang di semua TPS, meski kita masih harus menanti hasil resmi saat pleno nanti. Namun yang utama adalah pemilihan bisa berjalan aman sekali, masyarakat cukup antusias mengikuti pencoblosan,” tuturnya.

Baca Juga : Prabowo: Hasil Quick Count, Kita Menang 52,2%

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini