Klarifikasi Pemberitaan Hasil Quick Count Lembaga Survei Indikator di Okezone.com

Awaludin, Jurnalis · Rabu 17 April 2019 21:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 17 605 2044909 klarifikasi-pemberitaan-hasil-quick-count-lembaga-survei-indikator-di-okezone-com-yoGGmLhKEj.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Sejumlah lembaga survei menggelar quick count hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Dan saat ini sejumlah hasil survei, pasangan calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Maruf Amin unggul dibandingkan Paslon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Petang tadi, Okezone.com membuat sebuah artikel hasil quick count dari lembaga survei Indikator Politik Indonesia, dan hasil sementaranya pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi unggul atas pasangan nomor urut 01, Joko Widodo dan Maruf Amin.

Perhitungan yang dikutip pukul 15.13 WIB ini, pasangan Prabowo dan Sandiaga Uno unggul dengan perolehan suara mencapai 54,68 persen, sedangkan pasangan nomor urut satu Joko Widodo dan Maruf Amin meraih presentase 45,32 persen suara.

 sd

Namun pemberitaan tersebut tidak tepat, karena terjadi kekeliruan saat pengolahan data di internal Okezone.com, yang mengakibatkan opini tidak tepat terhadap pemberitaan tersebut.

Hingga saat ini pukul 20.48 WIB, hasil quick count Indikator Politik Indonesia di portal Okezone.com, Paslon Capres dan Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-Maruf Amin unggul dengan angka 53, 89 %, sedangkan Paslon Capres dan Cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebesar 46,11%.

Pemberitaan ini dimaksudkan untuk mengklarifikasi berita sebelumnya. Okezone.com juga menyampaikan permintaan maaf kepada Lembaga Survei Indikator dan masyarakat atas kekurangtepatan pemberitaan sebelumnya.

 sd

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini