nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Lolos PMDK-PN? Siswa Kelas XII Bisa Coba Strategi Ini

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 17 April 2019 13:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 17 65 2044626 tak-lolos-pmdk-pn-siswa-kelas-xii-bisa-coba-strategi-ini-NTZt7NWObR.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Hasil Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) telah diumumkan. Bagi para peserta yang belum beruntung jangan berkecil hati. Sebab, masih ada kesempatan yang bisa dilakukan para siswa kelas XII.

Baca Juga: Guys, Cek Hasil Seleksi PMDK-Politeknik Negeri di Sini

Ketua Forum Direktur Politeknik se-Indonesia Rachmad Imbang Tritjahjono menyampaikan, peserta yang dinyatakan tidak lolos PMDK-PN dapat masuk ke Politeknik Negeri melalui jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN). "Pendaftarannya akan dibuka pada 20 Mei 2019 secara serentak di semua politeknik negeri, di luar jalur mandiri yang ditawarkan," ujarnya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (17/4/2019).

Sekadar diketahui, terdapat 16.666 siswa lulus PMDK-PN. Mereka yang lulus diterima di 42 politeknik negeri di seluruh Indonesia. Siswa yang lulus tersebut berasal dari 206.852 siswa yang mendaftar dari 8.421 sekolah asal. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, maka angka pendaftar PMDK-PN tercatat naik sebesar 13%. Sekadar diketahui, tahun lalu jumlah pendaftar mencapai angka 183.827 siswa namun kini menjadi 206.852 siswa.

utbk

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ismunandar mengatakan bahwa Kemenristekdikti siap untuk menggabungkan seleksi masuk perguruan tinggi negeri baik Universitas, Institut dan Politeknik menjadi satu kesatuan.

"Terkait politeknik kementerian juga sudah meluncurkan Multi Entry Multi Exit (MEME) dalam rangka mendukung politeknik menjadi lebih fleksibel, kebijakan baru ini adalah untuk mendorong dan menunjukkan bahwa pengalaman industri sangatlah penting,” ucap Ismunandar.

Ingin mengasah kemampuan ujian? Klik Try Out Online UTBK SBMPTN Okezone secara gratis di sini.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini