nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mirip Cerita "Breaking Bad", Seorang Profesor di Jepang Buat Siswanya Memproduksi Ekstasi

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 18 April 2019 12:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 18 18 2045113 mirip-cerita-breaking-bad-seorang-profesor-di-jepang-buat-siswanya-memproduksi-ekstasi-xR1V4VQvmw.jpg Ilustrasi. (Foto: AFP)

MATSUYAMA – Seorang profesor universitas di Jepang terancam hukuman sampai 10 tahun penjara setelah dia diduga membuat para mahasiswanya memproduksi ekstasi dalam sebuah kasus yang mirip dengan cerita serial televisi populer “Breaking Bad”.

Pihak berwenang mencurigai profesor farmakologi berusia 61 tahun dari Universitas Matsuyama di Jepang barat itu telah membuat murid-muridnya membuat MDMA, yang umumnya dikenal sebagai ekstasi pada 2013 dan obat lain yang disebut "obat perancang" 5F-QUPIC pada tahun lalu.

Berdasarkan keterangan seorang pejabat kementerian kesehatan lokal kepada AFP, profesor itu mengatakan kepada penyelidik bahwa dia bertujuan untuk mendidik para siswa ilmu farmasinya lebih jauh lagi.

Ekstasi yang diduga diproduksi belum ditemukan dan "mungkin telah dibuang," tambah pejabat yang tidak mau disebutkan namanya itu.

Jika didakwa dan dihukum, dia bisa menghadapi 10 tahun di balik jeruji besi.

Hukum Jepang menyatakan bahwa seorang peneliti membutuhkan lisensi yang dikeluarkan oleh otoritas regional untuk memproduksi narkotika untuk tujuan akademik.

Obat sintetis MDMA bertindak sebagai stimulan dan halusinogen dan merupakan bahan utama dalam pembuatan ekstasi, obat yang memberi pengguna rasa energi, empati, dan kesenangan yang lebih tinggi.

Tokoh Walter White yang diperankan Brian Cranston dalam serial televisi Breaking Bad. (Foto: AFP)

MDMA Baru-baru ini telah digunakan dalam uji coba penelitian untuk mengeksplorasi efektivitasnya dalam mengobati gangguan stres pascatrauma (PTSD).

5F-QUPIC, juga dikenal sebagai 5F-PB-22, adalah obat seperti ganja yang dilarang di Jepang pada tahun 2014 setelah diduga menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Kasus ini sekilas mirip dengan cerita dari serial televisi Breaking Bad di mana tokoh utamanya, Walter White bekerja sebagai seorang guru kimia yang kemudian mulai menggunakan keahliannya untuk memproduksi dan mengedarkan metamphetamine guna memperoleh uang biaya pengobatan kankernya. White bekerja sama dengan seorang pemuda bernama Jesse Pinkman yang juga merupakan mantan muridnya di sekolah.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini