nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kim Jong-un Turunkan Jabatan Adiknya dari Petinggi Partai Buruh Korea Utara

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 18 April 2019 17:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 18 18 2045299 kim-jong-un-turunkan-jabatan-adiknya-dari-petinggi-partai-buruh-korea-utara-gH8iAZljfr.jpg Kim Yo-jong adik pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Foto/AFP/Getty Images

PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dilaporkan menurunkan jabatan adik perempuannya sebagai petinggi Partai Politik Buruh karena tidak hadir dalam pertemuan majelis.

Kim Yo-jong dianggap sebagai perempuat paling kuat di Korea Utara dan salah satu penasihat terdekat Kim Jong-un.

Dia sebelumnya menghadiri Olimpiade Musim Dingin pada tahun lalu di Korea Selatan atas nama saudaranya, dan mengikuti pertemuan Kim Jong-un dengan Presiden AS Donald Trump. Namun jabatannya sebagai politbiro Partai Politik Buruh Korea Utara telah diturunkan karena alasan yang belum terungkap.

Sebelumnya, Kim telah mengeksekusi anggota keluarga yang tidak ia sukai, termasuk pamannya, Jang Song-thaek, yang dituduh berkhianat.

Foto/KCNA

NK News melaporkan bahwa Kim Yo-jong tidak muncul dalam acara pemerintah yang dihadiri anggota senior Partai Buruh Korut, yang menunjukkan bahwa ia mungkin telah diturunkan pangkatnya.

Pada 2017, Kim Yo-jong dipromosikan sebagai kepala departemen propaganda partai yang berkuasa, dan menjadi anggota pengganti politbiro.

Dia secara luas disebut sebagai "putri" Korea Utara, nama panggilan yang diberikan ayahnya dan mantan pemimpinnya Kim Jong-il ketika dia masih kecil, Business Insider melaporkan.

Tidak jelas apakah dia akan menemani kakaknya ketika dia bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin akhir bulan ini.

Jumat lalu, Kim Jong-un memberikan pidato kepada Majelis Rakyat Tertinggi di mana dia mengatakan dia terbuka untuk pertemuan puncak ketiga dengan Trump mengenai denuklirisasi, tetapi Korea Utara tidak akan menyerah kecuali sanksi dicabut dan latihan militer AS-Korea Selatan berakhir .

Kim juga mengatakan bahwa dia dan Trump saling bertukar surat serta menanyakan kabar.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini