Pemilu di Jateng Aman, Partisipasi Masyarakat Capai 80%

Taufik Budi, iNews.id · Kamis 18 April 2019 18:17 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 18 606 2045310 pemilu-di-jateng-aman-partisipasi-masyarakat-capai-80-EEyG427VkZ.jpg Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Gelar Rapat Koordinasi Usai Pemilu 2019 di Jawa Tengah (foto: Taufik B/iNews)

SEMARANG - Pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) di Jawa Tengah berlangsung aman dan damai. Tidak ada kejadian serius yang membuat pesta demokrasi lima tahunan itu terhambat.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menggelar rapat koordinasi dengan Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi, Ketua KPU, Bawaslu, Ketua MUI dan jajaran Forkompimda lainnya. Ganjar mengatakan tak ada kendala berarti selama lelaksanaan pemungutan suara di seluruh wilayah Jawa Tengah pada 17 April.

Baca Juga: 3 TPS di Pangandaran Terpaksa Laksanakan Penghitungan Ulang 

"Semua berjalan lancar, sampai sekarang tidak ada laporan problem serius yang terjadi khususnya soal keamanan. Ini menunjukkan kualitas demokrasi masyarakat Jawa Tengah makin hari makin baik," kata Ganjar, Kamis (18/4/2019).

Antusiasme masyarakat dalam Pemilu tahun ini lanjut Ganjar juga meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal itu terlihat dari ramainya TPS-TPS di Jawa Tengah saat proses pencoblosan berlangsung.

"Untuk datanya tadi sudah disampaikan oleh KPU mencapai 80%. Tingkat partisipasi ini melampaui target dan saya lihat sendiri saat pagi mencoblos, masyarakat sudah berkumpul bahkan sebelum pukul 07.00 WIB," imbuhnya.

Meski demikian juga mengakui pelaksanaan pemungutan suara di Jawa Tengah tidaklah sempurna. Sejumlah problem kecil seperti surat suara yang tertukar, kelebihan surat suara dan kesalahan administrasi memang masih terjadi.

"Tapi semuanya dapat ditangani dengan baik. Yang paling serius adalah adanya Pemungutan Suara Ulang (PSU) di tiga TPS. Namun pemungutan suara ulang itu bukan karena pelanggaran serius, hanya karena kesalahan administrasi saja," ujarnya.

Baca Juga: 11 TPS di Manado Bakal Lakukan Pemilihan Suara Ulang


(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini