nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemristekdikti: UTBK Berjalan Lancar

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 18 April 2019 14:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 18 65 2045170 kemristekdikti-utbk-berjalan-lancar-nD4P1ba6zS.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kemristekdikti Ismunandar memastikan pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) berjalan dengan lancar.

"Alhamdulillah UTBK sesi 13-14 April 2019 yang lalu secara umum lancar. Walaupun ada sedikit kendala teknis terkait reliabilitas PC dan jaringan lokal," ujarnya kepada Okezone, Kamis (18/4/2019).

 Baca Juga: Yuk Latihan Soal UTBK SBMPTN 2019 Secara Gratis di Okezone

Namun, lanjut dia, secara keseluruhan sudah dapat diatasi baik langsung saat ujian berlangsung ataupun dengan menambah extra sesi ujian. Ini hanya terjadi hanya pada 1,5 per seribu peserta untuk penambahan sesi.

"Dan yang mengalami loncat subset hanya pada 1,7 per seribu peserta," tutur dia.

Dia menuturkan, over all pelaksanaan sesi 1-4 UTBK berjalan baik, kendati masih ditemukan sedikit sekali masalah, baik yang mengharuskan terjadinya penambahan sesi ataupun yang bersifat minor dan sudah teratasi.

"Soal-soal yang diberikan dalam bentuk kasus atau narasi, bukan hanya langsung penggunaan rumus atau mengganti angka saja, juga diapresiasi baik. Kita tunggu hasilnya tanggal 23-24 ini," ungkap dia.

 Baca Juga: Jadwal UTBK-SBMPTN 2019 Weekend Ini di 5 Kota

Sebelumnya, pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer dinilai menguntungkan para calon mahasiswa. Selain memberikan transparansi, juga meningkatkan efisiensi mekanisme seleksi penerimaan calon mahasiswa dan meminimalkan potensi drop out.

UTBK juga mampu memperkecil potensi kecurangan karena pelaksanaannya menggunakan komputer dan sistem soal yang berbeda-beda. Hal itu disampaikan peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Indra Krishnamurti.

Dengan mengizinkan calon mahasiswa mengetahui kemampuan akademis dan skolastika, mereka dapat terbantu untuk mengenali minat dan bakat mereka sehingga dapat mengambil keputusan dengan lebih baik mengenai program studi atau perguruan tinggi negeri (PTN) yang akan mereka tuju. Sistem penerimaan di PTN juga akan lebih mudah dan relatif terhindar dari kecurangan karena menggunakan sistem teknologi informasi (TI). Bagi para siswa yang ingin mengasah kemampuan dalam tes UTBK bisa mengikuti uji coba secara gratis, silakan klik di sini : Try Out Online UTBK SBMPTN 2019.

(dni)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini