nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Menjawab Soal UTBK Ala Youtuber

Okky Wanda lestari, Jurnalis · Sabtu 20 April 2019 07:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 19 65 2045608 tips-menjawab-soal-utbk-ala-youtuber-HGBekpOtvV.jpeg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA – Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK)telah dilaksanakan mulai 13 April – 4 Mei 2019 pada gelombang pertama dan waktu pelaksanaan tes untuk peserta pendaftar gelombang kedua tanggal 11 Mei – 26 Mei 2019.

Banyak para peserta yang kesulitan menjawab soal-soal UTBK. Namun, akun youtube Pak Wisnu Fisika membagikan tekhnik bagaimana menjawab ketika stuck menjawab soal ujian. Dia mengatakan pada vidionya yang berdurasi 10:32 menit untuk menjawab soal-soal UTBK yang sulit perlu adanya strategi dan jangan asal tembak jawaban tanpa melihat isi soalnya apa, dilansir Youtube Pak Wisnu Fisika, Jum’at, (19/4/2019).

Dia menuturkan langkah pertama yang harus dilakukan adalah para peserta harus tetap keep calm dan stay cool “temen-temen harus tetap tenang, kalau engga bisa tenang, mental kalian langsung ga jelas, grogi, down dan sebagainya, nanti pasti akan buyar semua,” jelasnya.

Menurut akun youtube Pak Wisnu Fisika cara jawaban yang memebutuhkan strategi ini dibagi menjadi dua yaitu pada saat waktu masih banyak dan waktu sedikit.

Waktu Masih Banyak

1. Saat waktu masih banyak strategi yang bisa di lakukan peserta yaitu dengan memilih jawaban yang banyak kesamaan pada option jawaban tersebut.

2. Buang pilihan yang tidak logis hal ini dapat dilakukan jika peserta bisa menganulir pilihan yang tidak logis. misal jawaban A.B.C.D.E dan pada pilihan A.D.C tidak logis bisa disilang dulu, kemudian sisa jawaban B dan E bisa menjadi opsi pilihan kalian.

3. Masukan jawaban ke soal, jadi ada beberapa soal matematika, fisika atau kimia yang hitung-hitungan jawabannya bisa dimasukan kesoal dan dicocokkan, nanti akan ketemu jawabannya yang pas. strategi ini dapat dicoba jika benar-benar waktunya masih banyak, tetapi jika waktunya sedikit tidak memungkinkan karna masukin jawaban kesoal butuh waktu.

Waktu Sedikit

Jika waktu yang diberikan tinggal sedikit dan para peserta sudah susah untuk bisa melihat soal lagi, salah satu caranya dengan ngeblock, karna kalau peserta ngeblock misalkan yang block di C semua, maka kemungkinan akan ada 1,2,3 jawaban yang benar. Tetapi jika peserta ngacak seperti No1 “A”, No2 “B” No3 “C” kemungkinan benarnya akan jauh lebih sedikit. Peserta dianjurkan untuk ngeblock pilihan yang banyak jawaban atau yang sepi jawabanya

Untuk strategi yang terakhir adalah do’a, ber-do’a sebelum mengerjakan untuk memperkuat mental siapa tahu ada yang menolong saat mengerjakan, doa saat ngeblock jawaban semoga tangan kita digerakkan ke jawaban-jawaban soal yang benar, dan doa setelah mengerjakan karna telah mengerjakan soal dengan maksimal, semoga hasilnya memuaskan.

Semuanya strategi tersebut dapat dilakukan jika para peserta telah menyelesaikan soal-soal yang wajib benar. Jika wajib benar sudah diselesaikan maka parapeserta bisa melakukan teknik tersebut ketika menjawab soal-soal yang stuck.

Vidio pada Akun youtube Ini tidak menganjurkan langsung mengerjakan ketika peserta mulai melaksanakan ujian. Tetapi untuk menggunakan strategi ini peserta harus menjawab terlebih dahulu soal-soal yang dianggap mudah dan mungkin jawabanya benar. Jadi, peserta tetap harus mempersiapkan semaksimal mungkin dan belajar dengan giat.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini