PDIP Imbau Elite Politik Ciptakan Suasana Damai & Kondusif

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Sabtu 20 April 2019 06:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 20 605 2045768 pdip-imbau-elite-politik-ciptakan-suasana-damai-kondusif-o2nG4r657c.jpg Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan mengimbau semua elite politik untuk menjaga situasi damai dan kondusif setelah pemungutan suara pemilu 2019, sambil menunggu penghitungan suara resmi oleh KPU.

"Para elite politik dalam situasi saat ini, agar menciptakan suasana tenang, damai, dan menyejukkan. Bangsa Indonesia, sangat menginginkan suasana yang kondusif," kata Hasto Kristiyanto, Jumat, 20 April 2019 malam.

Semua elite politik kata dia, sejatinya menerima dengan jiwa besar hasil penghitungan suara resmi pemilu 2019 oleh KPU yang dilindungi oleh aturan perundangan.

"Semua partai politik peserta pemilu 2019, mari bersama-sama untuk mengawal penghitungan suara dengan dasar penghitungan yang sama yakni form C1," tuturnya.

Setelah KPU mengumumkan hasil penghitungan suara resmi, lanjut Hasto, agar semua pihak dapat menerimanya dengan jiwa besar. "Pemenang agar tidak terlalu bergembira, serta yang kalah agar tidak terlalu bersedih," ujar dia.

Ilustrasi Nyoblos

Dirinya juga mengingatkan, setelah pengambilan nomor urut untuk peserta pemilu presiden dan pemilu legislatif, KPU sudah menyelenggarakan kampanye bersama di Lapangan Monas, Jakarta, sekaligus penandatanganan kesepakatan, siap menang dan siap kalah.

"Karena itu, semua pihak agar dapat menerima hasil penghitungan resmi dari KPU dengan jiwa besar," tuturnya.

Siapapun pasangan presiden dan wakil presiden yang menang kata Hasto, mereka adalah presiden rakyat Indonesia dan bukan presiden dari partai politik tertentu.

"Saat ini marilah bangsa Indonesia untuk bersatu kembali, karena pemungutan suara Pemilu 2019 sudah selesai," ujar Hasto.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini