Ada Kesalahan Input Data, KPU: Kita Akan Terus Lakukan Koreksi

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Sabtu 20 April 2019 15:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 20 605 2045856 ada-kesalahan-input-data-kpu-kita-akan-terus-lakukan-koreksi-GdvbkWSqcA.jpg Ketua KPU RI, Arief Budiman (foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengakui jika terdapat beberapa kali kesalahan di dalam menginput data, dalam sistem informasi penghitungan (situng) suara. Namun demikian pihaknya segera melakukan perbaikan.

“Kalau salah input kan kita lakukan koreksi,” ungkap Arief di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (20/4/2019).

Arief mengakui kesalahan input data lantaran anak buahnya yang bekerja di TPS hingga KPPS kelelahan. Lantaran para petugas ini telah mulai bekerja, sebelum dan sesudah pencoblosan tanpa berhenti.

“Mungkin petugas entri ini yang kita memang meminta ini kalo bisa dalam waktu 1x24jam selesai, itu jenis pemilu. 1x24 jam, jadi kerja ngebut,” katanya.

 sd

Selain itu, KPU menegaskan, sudah mengunggah scan C1 maupun hasil hitung secara hati-hati. Sehingga jika ada kesalahan data yang tertera publik bisa langsung memberikan koreksi.

Arief pun tidak setuju adanya tudingan yang menilai KPU sudah melakukan kecurangan sangatlah tidak tepat lantaran semua data ditampilkan secara transparan, walaupun ada entry data yang salah.

"Ini terbuka. Kalau ada yang menduga bahwa kami lakukan kecurangan, masa kami publikasikan. Jadi saya tegaskan tidak ada niat untuk curang. kalau terjadi karena kesalahan input, itu saya menduga murni karena kesalahan human error," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini