nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Turki Tangkap Dua Intelijen Diduga Terlibat Kasus Khashoggi

krjogja.com, Jurnalis · Minggu 21 April 2019 08:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 21 18 2046025 turki-tangkap-dua-intelijen-diduga-terlibat-kasus-khashoggi-txTm0eGfvZ.jpg Penjara (Reuters)

TURKI - Otoritas Turki dikabarkan telah menahan dua agen intelijen yang mengaku mengintai warga negara-negara Arab untuk kepentingan Uni Emirat Arab. Pihak berwenang juga sedang menyelidiki apakah kedatangan salah satu dari kedua agen intelijen tersebut di Turki ada kaitannya dengan pembunuhan Jamal Khashoggi.

Pejabat senior Turki mengatakan salah satu dari mereka tiba di Turki pada Oktober 2018, beberapa hari setelah Khashoggi dibunuh di dalam Konsulat Arab Saudi di Istanbul, kata pejabat itu. Ia menambahkan bahwa seorang lainnya datang untuk membantu rekannya tersebut.

 Baca juga: Partai Pimpinan Erdogan Tolak Hasil Pilkada Setelah Kalah di Ankara

"Kami sedang menyelidiki apakah kedatangan agen pertama di Turki itu memiliki kaitan dengan pembunuhan Jamal Khashoggi," katanya.

Menurutnya, agen tersebut telah dipantau selama enam bulan terakhir. "Kemungkinan ada upaya untuk mengumpulkan informasi tentang warga Arab, termasuk pembangkang politik, yang tinggal di Turki."

 Baca juga: Presiden Turki Sebut Perdana Menteri Israel Pencuri dan Seorang Tiran

Penangkapan dilakukan di Istanbul pada Senin (15/04/2019), sebagai bagian dari penyelidikan kontraintelijen. Pejabat Turki menyita sebuah komputer bersandi di ruang terpisah yang tersembunyi, yang pejabat katakan kepada Reuters sebagai markas komplotan mata-mata.

Pejabat itu, yang minta identitasnya dirahasiakan, mengatakan sejumlah laporan yang diperoleh dari agen tersebut menunjukkan bahwa operasi intelijen mereka diarahkan untuk memata-matai politikus yang diasingkan dan mahasiswa.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini