nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri: Pengeboman Sri Lanka Pembalasan untuk Penembakan Masjid di Selandia Baru

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 23 April 2019 17:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 23 18 2047077 menteri-pengeboman-sri-lanka-pembalasan-untuk-penembakan-masjid-di-selandia-baru-gDF0nsWHqV.jpg Foto: Reuters.

COLOMBO – Rangkaian serangan bom yang menghantam gereja dan hotel di Sri Lanka pada Minggu mungkin merupakan tindakan pembalasan atas penembakan massal yang terjadi di masjid Christchurch, Selandia Baru. Hal itu disampaikan menteri Sri Lanka mengutip hasil penyelidikan awal pihak berwenang.

Pada anggota parlemen, Menteri Pertahanan Junior Sri Lanka, Ruwan Wijewardene mengatakan bahwa para penyelidik menduga dua kelompok Islamis lokal, Jamaah Thawheed Nasional dan Jammiyathul Millathu Ibrahim, sebagai pihak yang merencanakan pengeboman pada Minggu Paskah, yang menewaskan lebih dari 300 orang.

BACA JUGA: Pelaku Penembakan Masjid Selandia Baru Siarkan Aksinya Melalui Livestream

Diwartakan RT, Selasa (23/4/2019), Wijewardene juga mengonfirmasi jumlah korban tewas terbaru dari kejadian itu kini berada di angka 321 jiwa. Terdapat 38 warga asing di antara para korban. Dia menambahkan bahwa lebih dari 500 orang terluka dalam serangan itu.

Sebelumnya, pemerintah Sri Lanka mengumumkan bahwa para kelompok ekstremis lokal yang berada di balik pengeboman itu telah menerima bantuan dari "jaringan internasional" yang penting untuk keberhasilan serangan teror tersebut.

Pembantaian di Christchurch terjadi pada pertengahan Maret, ketika seorang pengikut paham supremasi kulit putih menembak mati 50 orang di dua masjid di Christchurch, Selandia Baru.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini