nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPK Akan Umumkan Tersangka Baru Korupsi Sektor Energi

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Selasa 23 April 2019 15:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 23 337 2047020 kpk-akan-umumkan-tersangka-baru-korupsi-sektor-energi-p3CFK0NIvu.jpg Juru Bicara KPK Febri Diansyah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengumumkan tersangka korupsi baru terkait perkara dugaan korupsi di sektor energi.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan, penetapan tersangka ini merupakan pengembangan dari kasus yang sebelumnya tangani lembaga antirasuah. Namun, KPK belum merinci identitas dan detail kasus yang menjerat tersangka baru tersebut.

"Ya, sore ini akan kami sampaikan pada masyarakat perkembangan penanganan perkara yang sedang ditangani KPK. Ini merupakan perkara dugaan korupsi di sektor energi," kata Febri, Jakarta, Selasa (23/4/2019).

(Baca Juga: Divonis 3 Tahun Penjara, Idrus Marham Tak Langsung Ajukan Banding)

Febri menjelaskan, dari operasi tangkap tangan (OTT) yang kami lakukan tahun lalu, terdapat bukti-bukti bahwa ada pelaku lain dari unsur penyelenggara negara yang diduga terlibat.

Apalagi, kata Febri, saat ini sektor energi salah satu yang menjadi perhatian KPK karena bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat secara luas. "Nanti selengkapnya akan disampaikan saat konferensi pers sekitar pukul 16.00 WIB sore ini," ujar Febri.

Ilustrasi

KPK diketahui pada tahun lalu sempat melancarkan OTT terhadap terpidana Eni Maulani Saragih terkait sektor energi. Dalam hal ini, Eni terjerat suap proyek pembangunan PLTU Riau-1.

Dalam perkara itu, selain Eni, KPK juga menjerat pengusaha Johannes B Kotjo. Seiring berjalannya waktu, kasus ini juga menjerat mantan Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham.

(Baca Juga: Bupati Temanggung Diperiksa KPK terkait Proyek Tambang

Beberapa nama penyelenggara negara juga pernah diperiksa dan disebut-sebut dalam persidangan ketiga terpidana tersebut. Beberapa di antaranya adalah, Dirut PLN Sofyan Basir yang diperiksa KPK pada Jumat 28 September 2018 silam. Bahkan, kantor PLN dan ruangan dari Sofyan Basir sempat digeledah oleh penyidik KPK.

(Ari)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini