nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menuju Indonesia 4.0, Arief Rachman: Jangan Jadi Guru yang Ditakuti Murid

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 23 April 2019 14:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 23 65 2046981 menuju-indonesia-4-0-arief-rachman-jangan-jadi-guru-yang-ditakuti-murid-epcyfOt3z1.jpg Foto: Taufik Okezone

JAKARTA - World Robotic Explorer (WRE) Indonesia atau Rumah Robot Indonesia bekerjasama dengan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) menggelar seminar terkait menuju Indonesia 4.0.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh guru TK seluruh Jakarta Barat, Guru Besar Universitas Negeri Jakarta (UNJ), salah satu pendiri Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) sekaligus motivator Dewi Motik dan pendiri rumah robot Indonesia atau ibu robot semua anak Jully Tjindrawan.

Guru Besar UNJ Arief Rachman mengatakan, ada beberapa contoh sikap guru yang patut ditiru, agar bisa disukai oleh murid-muridnya, seperti guru itu harus bisa memberi tahu. Tapi guru yang baik itu menjelaskan kepada murid-muridnya dan guru yang hebat itu bisa mendemonstrasikan.

"Guru super itu yang menginspirasi. Jadi tidak ada guru yang ditakuti lagi oleh murid-muridnya," ujarnya di Season City Jakarta, Selasa (23/4/2019).

 Baca Juga: Era 4.0, Guru TK Diminta Ajarkan Teknologi ke Anak Muridnya

Dia menuturkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar, di mana proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya.

"Untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan pengendalian diri kepribadian kecerdasan akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya masyarakat bangsa dan negara," tuturnya.

 Baca Juga: Rumah Robot-IGTKI Kompak Hadapi Revolusi Industri 4.0

Dia menambahkan, banyak tantangan guru-guru pada era globalisasi ini. Maka itu setiap guru harus bisa paham tentang teknologi yang sekarang sudah berkembang pesat.

"Guru-guru harus bisa memahami teknologi agar bisa menghadapi tantangan era globalisasi," kata dia.

(dni)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini