nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hitung-hitungan Kuliah di Luar Negeri

Okky Wanda lestari, Jurnalis · Selasa 23 April 2019 14:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 23 65 2046990 hitung-hitungan-kuliah-di-luar-negeri-T2CND4x7Gl.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Anda ingin melanjutkan studi ke luar negeri, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhitungkan. Selain biaya kuliah, berbagai kebutuhan hidup lainnya harus bisa dipertimbangkan.

Berdasarkan data The College Board, biaya merupakan hal yang perlu dipertimbangkan. Pasalnya, biaya rata-rata kebutuhan hidup di perguruan tinggi luar negeri selama empat tahun pasti lebih besar dibanding siswa yang kuliah di dalam negeri.

Selain biaya kuliah, untuk tambahan biaya kamar atau kos-kosan di luar negeri juga perlu dipertimbangkan.

Melansir dari Huffpost, Selasa, (23/4/2019), ada semumlah daftar pengeluarkan yang perlu dipertimbangkan.

Biaya Perjalanan

Anda perlu mempertimbangkan biaya perjalanan untuk studi ke luar negeri. Mulai dari tiket pesawat pulang pergi, dengan asumsi pergi ke sekolah pada September dan kembali pada Mei dengan risiko banyak hari libur seperti Hari Buruh, Thanksgiving, Natal, liburan musim semi, dan Memorial Day.

Baca Juga: Sukses di Era Industri 4.0, Apakah IPK Masih Jadi Acuan?

Jadi, Anda harus menyiapkan dana tambahan untuk pulang dan pergi saat masa liburan.

Biaya Kesehatan

Masalah kesehatan yang tidak Anda rencanakan akhirnya menjadi sesuatu hal sulit karena berada dari kejauhan keluarga. Anda harus siapkan biaya pergi ke dokter, maka dari itu diperlukan tambahan biaya yang ekstra saat menjalani pengobatan.

Biaya Membeli Pakaian Baru

Diperlukan penyesuaian jika tempat kuliah memiliki iklim yang berbeda. Misalnya iklim hangat ke perguruan tinggi dengan suhu yang lebih dingin, Anda mungkin memerlukan banyak pakaian baru.

Baca Juga: Kuliah Tak Selesai, Gigi Jadi Politisi

Biaya Tambahan

Andalkan Beasiswa, Cukupkah?

Universitas negeri cenderung menawarkan lebih sedikit bantuan keuangan dan lebih sedikit beasiswa daripada perguruan tinggi swasta, terutama bagi penduduk dari negara luar. Oleh karena itu, biaya di luar beasiswa harus juga disiapkan.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini