nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kampus Didorong Beradaptasi dengan Teknologi Digital

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 25 April 2019 09:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 25 65 2047787 kampus-didorong-beradaptasi-dengan-teknologi-digital-lCAoKA0jAx.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

PADANG - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menilai era industri 4.0 tidak bisa dihindari lagi dalam segala sektor industri.

Karena itu, dunia pendidikan perlu dibekali oleh pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan zaman sehingga lulusannya mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital.

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan, dunia mengalami revolusi teknologi yang cepat dalam dua abad terakhir, yang mengubah cara manusia bekerja, berkehidupan, dan berinteraksi satu sama lain.

”Revolusi teknologi digital ini menimbulkan disruption di hampir seluruh bidang bisnis di dunia,” katanya dalam kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa di Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, kemarin.

 Baca Juga: Mahasiswa Perlu Diajari Mata Kuliah Baru Literasi Berbasis Teknologi

Menurut Maryono, dalam menghadapi disruption tersebut, diperlukan sebuah terobosan dalam leadership style dan cara memimpin organisasi. ”Leadership 4.0 merupakan solusi pendekatan gaya kepemim pinan dalam menghadapi era digitalisasi,” katanya.

Maryono menuturkan, universitas dapat mendukung pembentukan kepemimpinan 4.0 melalui kombinasi pengembangan beberapa fundamental dan modern soft skill. Untuk itu, dalam menyambut industri 4.0 di lingkungan perguruan tinggi, perseroan membangun BTN Zone di lingkungan kampus.

Salah satunya di Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang, di mana mahasiswa dapat berinteraksi secara digital dalam memenuhi kebutuhannya dengan layanan transaksi perbankan one stop service melalui BTN Zone tersebut.

”Semua terlayani serbadigital sehingga untuk kebutuhan mahasiswa di lingkungan kampus tidak harus pergi keluar untuk melakukan transaksi perbankan. BTN Zone menjadi solusi kemudahan dan kecepatan dalam layanan perbankan secara one stop service,” kata Maryono.

 Baca Juga: Begini Cara Tingkatkan Kemampuan Teknologi Digital Mahasiswa

Sementara Rektor Universitas Andalas Prof Dr Tafdil Husni mengungkapkan, dunia pendidikan perlu didorong untuk menguasai teknologi. Karena itu, kerja sama dengan BTN sangat penting dilakukan dalam rangka sinergi.

”Kerja sama dan sinergi dengan BTN ini tidak hanya dari sektor pembiayaan perumahan, juga banyak hal yang dapat dilakukan,” katanya. (Rakhmat Baihaqi)

(rhs)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini