Benahi Manajemen, Planetarium Jakarta Disarankan Bentuk BLUD

Taufik Fajar, Okezone · Sabtu 27 April 2019 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 27 65 2048843 benahi-manajemen-planetarium-jakarta-disarankan-bentuk-blud-CfBa9JHqnZ.jpg Foto: Planetarium (Ist)

JAKARTA - Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Hilmar Farid menginginkan agar Planetarium dan Observatorium Jakarta dibentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

"BLUD untuk Planetarium dan Observatorium Jakarta itu untuk membuat manajemen itu lebih jauh lebih leluasa tidak tergantung struktur Pemprov DKI," ujarnya di Sarasehan 50 Tahun Planetarium dan Observatorium Jakarta di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki Jakarta, Sabtu (27/4/2019).

 Baca Juga: Kemdikbud Ingin Planetarium Jakarta Dikelola Secara Modern

Dia menjelaskan, apabila Planetarium dan Observatorium masih dalam struktur Pemprov DKI maka masih di bawah dinas pendidikan atau dinas pariwisata menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT).

"Di mana UPT ini eselon berapa terus di bawahnya lebih kecil lagi dan ini orang-orang akan melakukan keputusan manajerial akan terbatas. Seperti di suruh-suruh ini akan tunggu pimpinan ini kan tidak fleksibel," tutur dia.

Baca Juga: Peringati 50 Tahun, 'Ilmu' Planetarium Jakarta Bakal Ditingkatkan

Dia menambahkan, BLUD ini tidak ada ketentuan dan tidak perlu PNS. "Lebih baik diisi oleh pihak swasta atau komunitas. Dengan adanya BLUD ini akan menjadi lebih baik ke depannya," ungkap dia.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini