nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Curhat Peserta UTBK : Tak Ada Kendala Teknis, Hanya Sulit Mengerjakan Soal

Okky Wanda lestari, Jurnalis · Minggu 28 April 2019 09:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 28 65 2048966 curhat-peserta-utbk-tak-ada-kendala-teknis-hanya-sulit-mengerjakan-soal-jxcEcPReHV.jpg Ilustrasi: Pelaksanaan UTBK (Foto: Okezone)

JAKARTA – Ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) telah memasuki minggu ke tiga di gelombang pertama pada 27-28 April 2019. Pelaksanaan ujian berlangsung lancar dan tanpa gangguan yang berarti. Ujian ini merupakan bagian dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

Selama UTBK berlangsung para peserta akan mengikuti Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). TPS guna mengukur kemampuan kognitif peserta yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah.

Davin, peserta yang mengikuti UTBK pada gelombang pertama mengaku tidak ada kendala teknis atau komputer bermasalah dalam melaksanakan ujian ini. “Alhamdulillah tadi pas mengerjakan soal enggak ada masalah sama komputernyam aman pokoknya. Masalahnya menjawab soalnya yang susah,” ujarnya kepada Okezone.

Siswa yang berasal dari SMA 7 Depok ini mencoba mengikuti UTBK sebanyak 2 kali di kesempatan gelombang ke dua mendatang. “Jaga-jaga saja takut di gelombang pertama nilainya enggak puas, makannya aku ikut tes gelombang kedua juga,” jelasnya.

Davin menuturkan ingin melanjutkan studinya ke perguruan tinggi negeri di Institut Teknologi Bandung (ITB). Di mana jurusan teknik metalurgi menjadi target yang ingin dia raih.

Baca Juga: Pelaksanaan UTBK Sampai 2 Juni 2019

Adapula, Maharani siswa yang satu kelas dengan Davin di SMA 7 Depok yang sangat antusias dalam menghadapi UTBK ini. Dia mengaku sudah mengikuti bimbingan belajar hanya untuk lancar dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan. “Soalnya mah gampang, yang susah menjawabnya,” seloroh dia.

Peserta yang ingin menempuh pendidikannya di jurusan kesehatan masyarakat Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta itu, berharap bisa mendapatkan nilai terbaiknya pada tes gelombang pertama, walaupun begitu Maharani tetap ingin mencoba pada tes gelombang ke dua mendatang.

Ingin mengasah kemampuan ujian? Klik Try Out Online UTBK SBMPTN Okezone secara gratis di sini.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini