nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KJRI Istanbul dan PPI Bursa Kolaborasi Promosi Budaya Indonesia

Retno Tri Wardani, Jurnalis · Minggu 28 April 2019 13:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 28 65 2049017 kjri-dan-ppi-istanbul-kolaborasi-promosi-budaya-indonesia-mcztZQ9byC.jpeg Foto (Dok. Pensosbud KBRI Istanbul)

JAKARTA – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul dan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) berkolaborasi menyelenggarakan kegiatan promosi budaya nusantara dengan tema "Experience Bali and Beyond" yang diadakan di kota Bursa, Turki pada 26 April 2019. Lebih dari 700 pengunjung larut dalam gegap gempita pertunjukan budaya Indonesia tersebut.

Dalam acara tersebut pengunjung dimanjakan dengan penampilan drama Pelajar Indonesia mengajak teman wanitanya mahasiswi Turki terbang ke Indonesia, melacong ke Jakarta, Bali, Kalimatan, Sumatera Barat, Aceh dan Papua, yang disugguhkan diatas pangung tarian khas daerah Indonesia tersebut.

Konjen RI Istanbul, Herry Sudradjat, mengaku puas akan kegiatan ini. Animo pengunjung yang membludak menunjukkan tingginya minat publik Turki di Kota Bursa untuk mengenal İndonesia.

“Diharapkan melalui malam budaya ini, akan semakin banyak turis Turki yang berkunjung ke Indonesia. Terutama dengan akan dibukanya penerbangan langsung Istanbul-Denpasar pada musim panas nanti,” kata Herry dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (28/4/2019).

Melalui kegiatan ini diharapkan para pengunjung dapat mengenal ragam budaya İndonesia lebih banyak lagi.

Di akhir acara, para pengunjung ikut naik ke panggung untuk menari Sajojo bersama. Selain tarian dimaksud, stand makanan Indonesia juga meramaikan acara ini. Dadar gulung, pastel, nasi uduk dan sate ayam yang telah disiapkan sangat diminati oleh para pengunjung.

Selain warga dan pelajar Indonesia di Bursa, turut hadir pula Rektor Universitas Uludag, Pemerintah Kota serta kalangan pengusaha di kota Bursa. Begitu pula, Rektor Universitas Uludag, Prof. Dr. Ahmet Saim Kilavuz mengapresiasi PPI Bursa atas terselenggaranya malam budaya ini, yang mampu merevitalisasi hubungan sejarah Turki-Indonesia melalui karya generasi penerus bangsa. (yau)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini