Diduga Lakukan Kecurangan, Oknum Ketua KPPS Dilaporkan ke Bawaslu

Syaiful Islam, Jurnalis · Senin 29 April 2019 20:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 29 606 2049560 diduga-lakukan-kecurangan-oknum-ketua-kpps-dilaporkan-ke-bawaslu-dVEv5tjFzy.jpg Ilustrasi Pemilihan Umum di Tempat Pemungutan Suara atau TPS (foto: Okezone)

TABANAN - DPD Perindo Tabanan, Bali melaporkan adanya dugaan kecurangan yang dilakukan oknum Ketua KPPS di TPS 29 Desa Delod Peken pada pelaksanaan pemilu serentak 17 April 2019 kepada Bawaslu setempat. Di mana ada oknum Ketua KPPS mencoblos surat suara yang sudah dicoblos pemilih.

Akibatnya surat suara tersebut tidak sah karena tercoblos dua pada pilihan yang berbeda. Kemudian oknum ketua KPPS ini mencoblos surat suara yang kosong. Kemudian diberikan pada oknum KPPS yang lain untuk dibacakan surat suara sah.

Baca Juga: Suara Perindo Banyak Lampaui Partai Lama, Optimisme ke Senayan Kian Tinggi 

Pihak Bawaslu sudah melakukan klarifikasi dengan memintai keterangan pada saksi Perindo, Aditama, yang mengetahui kecurangan itu terjadi. Kecurangan dilakukan oknum ketua KPPS ketika proses penghitungan surat suara tingkat DPRD Kabupaten Tabanan atau sekitar pukul 20 00 WIB.

 

Ketua DPD Perindo Kabupaten Tabanan Willie Swardana membenarkan adanya laporan dugaan kecurangan yang dilakukan oknum ketua KPPS tersebut. Menurutnya, kecurangan itu merupakan pembantaian demokrasi oleh Pelaksana Pemilu.

"Kami melaporkan kecurangan ini supaya pelakunya ada efek jera, serta fair play pada Pemilu kedepan. Karena kecurangannya dilakukan secara masif, sistematis, terstruktur melibatkan oknum kepala kewilayahan, yang sudah kerap dilakukan. Sayangnya UU Pemilu hanya menjerat oknum di TKP, sementara pengordernya lolos," ungkap Willie, Senin (29/4/2019).

Ia menambahkan, pelaksana Pemilu seperti perangkat KPUD dan Bawaslu SDM-nya disinyalir sangat mudah diintervensi. Kondisi tersebut harus dihilangkan supaya pemilu betul-betul berjalan jurdil, bukan penuh dengan kecurangan.

Baca Juga: Hari Ini Perindo Tembus 2,86%, Sekjen Yakin Raih Ambang Batas Parlemen

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini