nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yos Johan Resmi Jadi Rektor Undip

Taufik Budi, Jurnalis · Senin 29 April 2019 12:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 29 65 2049313 yos-johan-resmi-jadi-rektor-undip-B8CppA3pcp.jpg Pelantikan Rektor Undip (Foto: Okezone)

SEMARANG - Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH., M.Hum resmi menjadi Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Dia dilantik oleh Majelis Wali Amanat (MWA) untuk memimpin Undip Periode 2019-2024.

Bagi Universitas Diponegoro, proses pelantikan Rektor oleh MWA ini adalah yang pertama kali sejak Undip berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri-Badan Hukum (atau PTN-BH). Sebab sebelumnya pelantikan Rektor dilakukan oleh Menteri, saat status Undip masih sebagai Badan Layanan Umum (atau BLU).

Undip pertama kali mendapat mandat dari Pemerintah menjadi PTN-BH pada bulan Oktober 2014 melalui Peraturan Pemerintah No. 81 Tahun 2014 tentang Penetapan Universitas Diponegoro sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum, sehingga saat ini di Indonesia ada 11 perguruan tinggi negeri yang berstatus PTN-BH.

Baca Juga: Genting dari Limbah Karya Mahasiswa Undip Raih Medali Emas di Jerman

Selanjutnya setahun kemudian terbit Peraturan Pemerintah No. 52 Tahun 2015 tentang Statuta Universitas Diponegoro, sebagai landasan operasional dan penetapan kebijakan strategis peraturan-peraturan di bawahnya (yaitu Peraturan MWA, Peraturan Rektor, dan Peraturan Senat Akademik). Selama dua tahun lebih, status Undip dalam masa transisi dari BLU ke PTN-BH. Baru pada bulan Januari 2017, Status Universitas Diponegoro secara penuh menjadi PTN-BH.

"Pengangkatan dan Pelantikan Rektor yang dilaksanakan pada hari ini adalah merupakan bagian akhir dari rangkaian Proses Pemilihan Rektor yang panjang," ujar Humas Undip, Nuswantoro, Senin (29/4/2019).

Baca Juga: Gandeng KPU, Undip Buka Konsentrasi S2 Tata Kelola Pemilu

Dia menjelaskan, Tata Cara Pemilihan dan Pemberhentian Rektor Universitas Diponegoro melalui beberapa proses yakni 1) Persiapan (13 September 2018); 2) Penjaringan Bakal Calon Rektor; 3) Penyaringan Calon Rektor; 4) Pemilihan Rektor; dan 5) Pengangkatan dan Pelantikan Rektor Terpilih pada hari ini.

"Pengucapan sumpah dan pelantikan Rektor dalam Sidang Terbuka Majelis Wali Amanat ini mengacu kepada peraturan tentang pengambilan sumpah jabatan Aparatur Sipil Negara dan Tata Cara yang lazim dilakukan oleh beberapa PTN-BH lain," tukas dia.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini