nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gemar Membaca Sejak Dini, Dampaknya Lebih Pintar 1 Tahun di Depan

Senin 29 April 2019 13:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 29 65 2049328 gemar-membaca-sejak-dini-dampaknya-lebih-pintar-1-tahun-di-depan-fOWvqUEzst.jpg Ilustrasi membaca. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Peneliti di Melbourne, Australia, telah membuktikan bahwa semakin sering orang tua membacakan cerita untuk anak sejak usia dini, semakin besar pula dampak positif pada kemampuan membaca dan berpikir anak.

Penelitian yang dilakukan The Melbourne Institute of Applied Economic and Social ini tidak hanya membuktikan hubungan sebab akibat antara frekuensi membaca anak-anak dan perkembangannya, tetapi juga mengukur manfaat membaca.

Anak usia 4-5 tahun yang membaca 3-5 kali seminggu memiliki kemampuan serupa dengan anak usia enam bulan di atasnya yang hanya membaca dua kali atau kurang dari itu dalam seminggu.

Baca Juga : Curhat Peserta UTBK : Tak Ada Kendala Teknis, Hanya Sulit Mengerjakan Soal

Kegiatan membaca yang dilakukan 6-7 kali dalam seminggu menempatkan anak-anak ini setahun lebih di depan dibanding mereka yang tidak membaca. Peneliti juga menemukan bahwa membaca bagi anak usia dini dapat mengasah perkembangan numerasinya.

Gerakan Baca Buku Usia Dini

“Anak-anak yang membaca lebih sering memiliki performa yang lebih baik seiring perkembangan usia mereka dibanding anak yang tidak membaca,” papar Profesor Guyonne Kalb, Direktur Institute Labour Economics and Social Policy Program, sekaligus ketua peneliti, dikutip smh.com.

Baca Juga : Trik Mengerjakan Soal Matematika saat UTBK

Kami ingin melihat apakah membaca yang dilakukan sendiri memiliki hasil lebih baik atau orang tua yang membacakan untuk anaknya justru lebih baik,” kata Profesor Kalb yang meneliti lebih dari 4.000 anak usia 4-5 tahun pada 2004 hingga usia 10-11 tahun.

Temuan ini sekaligus sebuah pesan yang jelas kepada orang tua, kakek, nenek, guru, dan pengasuh bahwa membaca mendatangkan manfaat lebih dari sekadar pengalaman bonding.  

Ingin mengasah kemampuan ujian? Klik Try Out Online UTBK SBMPTN Okezone secara gratis di sini.

(Susi Susanti/Koran Sindo)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini