nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hardiknas, 465 Anak SD Jadi Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 02 Mei 2019 15:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 02 65 2050628 hardiknas-465-anak-sd-jadi-mahasiswa-di-universitas-muhammadiyah-malang-3zjnTXBuAk.jpg Foto: Anak SD Jadi Mahasiswa Sehari di UMM

MALANG - Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), ratusan murid sekolah dasar (SD) baik negeri dan swasta di wilayah Malang berkesempatan merasakan perkuliahan selama sehari di kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional, pada hari ini.

Total sebanyak 465 anak tersebut merasakan sensasi menjadi anak kuliah sehari dengan melakukan berbagai kegiatan pembelajaran dan permainan. Bermain robot, mengenal peternakan sapi dan kambing, membuat jamur, menjadi reporter dan jurnalis, bermain alat musik, dan mengenal berbagai kesenian mulai pantonim hingga musikalisasi baca puisi.

Baca Juga: Peringati Hardiknas di Museum Kebangkitan Nasional

Ratusan anak ini cukup antusias mengikuti setiap kegiatan sambil didampingi guru sekolah dan pendamping. Mereka dengan seksama mengikuti penjelasan dari pendamping baik dari mahasiswan dan dosen UMM.

Mereka juga diberi kesempatan langsung mencoba dan mempraktekkan, seperti merakit robot dan bermain robot sepakbola.

Seorang siswa SDN Ngaglik Kota Batu Tito Dimas mengatakan, bahwa ia bersama 40-an teman - temannya diajak berkeliling UMM dengan mengajak mengenal berbagai hal baru.

"Tadi belajar IPA ada teknik katrol, robotik, seni baca puisi. Senang bisa mengenal dan belajar sambil bermain di sini," ungkap siswa kelas 3, Kamis (2/5/2019).

Baca Juga: Kompetisi Robot Tumbuhkan Inovasi dan Kreativitas Siswa

Siswa lainnya dari SDN Girimoyo II Karangploso Digdaya Rahmat Tabacca menyatakan, apa yang didapatnya cukup bermanfaat mulai dari belajar robotik, reporter, jurnalis, hingga beternak.

"Yang paling disukai belajar robotik karena sebelumnya pernah nyoba main - main robot juga. Pengen berusaha jadi pembuat robot," ungkap siswa kelas 5 ini.

Manfaat belajar sambil praktek langsung ini juga dirasakan guru yang mendampingi para murid - muridnya. Guru SDN 2 Tawangargo, Ninik Lestari menyatakan dengan program bertajuk 'Kids on Campus' bisa memberi stimulus dan memberi tahu bagi anak - anak didik.

"Selama ini di sekolah kita hanya teori saja, di sini mereka diajarkan secara langsung bagaimana cara membuat jamur, beternak, hingga robot. Terlebih di sekitar sekolah ada pembuatan jamur jadi merrkw tahu dan bisa mengembangkan budidaya jamur yang dimiliki orang tua mereka," beber guru kelas 5 SDN 2 Tawangargo.

Tak cuma berkuliah sambil melakukan praktek, ratusan murid SD ini juga langsung melakukan prosesi wisuda, layaknya para mahasiswa.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini