nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Siapkan Rp10 Triliun untuk Sukseskan 11 Kampus Masuk 500 Dunia

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 03 Mei 2019 10:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 03 65 2050948 pemerintah-siapkan-rp10-triliun-untuk-sukseskan-11-kampus-masuk-500-dunia-muAtuDy0lM.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

DEPOK–Indonesia memiliki tekad besar mengusung kampus-kampus terbaiknya agar bisa diakui di pentas global atau berkelas dunia (world class university). Pada 2024 mendatang, ditargetkan ada 11 kampus di Tanah Air yang masuk dalam peringkat 500 dunia.

Target ini cukup besar sebab hingga kini baru ada tiga kampus, yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Gadjah Mada (UGM) yang berhasil menembus 500 besar dunia. Namun, pemerintah telah menyiapkan beragam strategi untuk menyukseskan 11 kampus tersebut, di antaranya dukungan anggaran khusus sebesar Rp10 triliun.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek-Dikti) Mohammad Nasir mengatakan anggaran tersebut akan diajukan pada 2020. Nasir mengatakan dana alokasi khusus itu nantinya akan dipakai untuk pengembangan dan kolaborasi riset.

Baca Juga: Menristekdikti Lantik 6 Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri

Penggunaan lainnya untuk mobilitas staf, pertukaran do sen asing ke Indonesia dan sebaliknya. Dana juga bisa digunakan untuk pertukaran mahasiswa.

Guru Besar Akuntansi Universitas Diponegoro ini mengatakan, kampus berkelas dunia ini adalah catatan baru untuk kemajuan pendidikan Indonesia sesuai dengan arahan Presiden Jokowi yang ingin mendorong perguruan tinggi Indonesia masuk di tataran global.

“Ini kami sudah mengajukan kepada Presiden nanti ada dana yang akan kita alokasikan khusus untuk perguruan tinggi kelas dunia. Kalau nggak, kita nggak akan bisa mencapai hal itu,’’ jelasnya pada Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di kampus UI, Depok, Jawa Barat, kemarin.

Baca Juga: 11 PTN Ditarget Masuk 500 Besar Dunia

Nasir mengungkapkan, ber dasarkan pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS), Universitas Indonesia sudah masuk posisi 292. Namun, pemerintah ingin mendorong UI agar bisa masuk di peringkat 200 besar dunia. Untuk ITB saat ini sudah di peringkat 340 dunia, dan akan didorong juga ke peringkat 200. Kampus ketiga yang sudah masuk kelas dunia adalah UGM Yogyakarta.

‘’UGM 390 (peringkat saat ini). Kita dorong menjadi 200. Yang lainnya di atas 500 bisa masuk 500,’’ katanya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini