nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Ini Pelaksanaan UTBK, Termasuk Jadwal Siswa Disabilitas

Rani Hardjanti, Jurnalis · Sabtu 04 Mei 2019 06:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 03 65 2051270 hari-ini-pelaksanaan-utbk-termasuk-jadwal-siswa-disabilitas-Y4V9Q3vtXn.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) kembali digelar hari ini. Pelaksanaan kali ini juga akan diikuti oleh siswa disabilitas. Bagi siswa tunanetra juga akan dilengkapi teknologi screen reader.

Metode screen reader merupakan perangkat lunak yang diadopsi oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk aksesibiiitas bagi peserta tunanetra. Nantinya, tulisan yang tertera di layar komputer akan terjemahkan melalui suara oleh sistem.

Karakter UTBK untuk peserta tunanetra yakni semua materi dinarasikan dalam bentuk audio berupa bahasa. Item soal juga telah diakomodasi berdasarkan kemampuan dan keterbatasan tunanetra.

 Baca Juga: Kemenristekdikti: 70 Peserta Tunanetra Akan Tes UTBK

Kemudian, materi tes setara dengan peserta yang dapat melihat, waktu pengerjaan soal yang disediakan pun sama dengan peserta lain. Namun jumlah soalnya dikurangi.

Jumlah Peserta

Jumlah peserta UTBK 2019 yang terdaftar sebagai peserta disabilitas tunanetra sebanyak 70 peserta yang terbagi dalam dua gelombang. Pada UTBK gelombang I terdapat 38 peserta yang akan mengikuti ujian pada tanggal 4 Mei 2019 dan untuk gelombang II terdapat 32 peserta yang akan mengikuti ujian pada tanggal 25 Mei 2019. Demikian seperti dikutip dari keterangan tertulis LTMPT, Sabtu (4/5/2019).

 Baca Juga: UTBK Peserta Disabilitas Akan Gunakan Metode Screen Reader

Lokasi ujian para disabilitas tunanetra tersebar di 18 Pusat UTBK. Peserta disabilitas tunanetra terbanyak akan melaksanakan ujian di Pusat UTBK

Universitas Negeri Yogyakarta yaitu 16 peserta dan Pusat UTBK Universitas Pendidikan Indonesia yaitu 12 peserta. Apabila dilihat berdasar kelompok ujiannya, peserta disabilitas tunanetra terbanyak mengikuti kelompok Soshum yaitu 63 peserta dan Saintek sebanyak 7 peserta.

 

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini