nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Satu Peserta Berkebutuhan Khusus Ikuti UTBK di UNS

Bramantyo, Jurnalis · Minggu 05 Mei 2019 14:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 05 65 2051753 satu-peserta-berkebutuhan-khusus-ikuti-utbk-di-uns-SBJHXgeKPJ.jpg Foto: Okezone

SOLO - Sebanyak 18.425 peserta gelombang satu, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Sebelas Maret (UNS) telah selesai digelar pada Sabtu 4 Mei 2019.

Dengan selesainya pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer, selama lima hari ini, pekan depan atau Sabtu 11 Mei hingga 26 Mei 2019 gelombang dua yang diikuti 21.054 peserta siap digelar.

Rektor Universitas Sebelas Maret Jamal Wiwoho mengatakan seperti gelombang satu, gelombang dua UNTBK ini pun akan digelar selama lima hari atau 10 sesi.

Sehingga total seluruh peserta UTBK di UNS baik gelombang satu dan gelombang dua, sebanyak 39.479 perserta.

"Pada UTBK gelombang I terdapat satu peserta berkebutuhan khusus (tuna netra) atas nama Umi Nur Kolifah," papar Jamal Wiwoho, dalam konferensi pers.

Baca Juga: Pelaksanaan UTBK, Masih Saja Ada Siswa Tak Bawa Persyaratannya

Menurut Jamal, untuk perserta UTBK berkebutuhan khusus, ada fasilitas yang diberikan berupa Screen Reader dan Riglet.

"Jumlah peserta UTBK yang tak mengikuti UTBK atau tidak hadir saat UTBK sebanyak 1.621 orang. Kemungkinan yang tidak hadir ini sudah diterima saat SNPTN. Sedangkan jumlah peserta yang hadir sebanyak 14.928 orang peserta,"papar Jamal.

Ditambahkannya, nilai UTBK nanti bisa dilihat di laman https://pengumuman-utbk.ltmpt.ac.id dengan menggunakan username dan password yang dipakai saat mendaftar UTBK mulai tanggal 13-14 Mei 2019.

Bagi peserta UTBK yang namanya tertera di pengumuman, bisa mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) yang pendaftarannya sudah mulai resmi di buka pada tanggal 10-24 Juni 2019.

"Selain itu peserta UTBK juga dapat mengikuti seleksi mandiri UNS dan beberapa perguruan tinggi negeri lainnya,"terangnya.

Baca Juga: Menristekdikti: Siswa SMK Jangan Minder Ikut UTBK 2019

Selain pelaksanaan UTBK SBMPTN, UNS pun telah selesai menggelar seleksi penerimaan mahasiswa baru UNS (SPMB UNS) untuk Pascasarjana dan program pendidikan dokter spesialis (PPDS periode I tahun 2019.

Pelaksanaan UTM pasca sarjana dan PPDS periode 1 tahun 2019, ungkap Jamal, telah dilaksanakan di empat tempat. Keempat tempat itu adalah Gedung pasca sarjana UNS, gedung FKIP, gedung fakultas kedokteran UNS dan Aula kantor kopertis wilayah II Palembang.

"Jumlah peserta yang mengikuti UTM berjumlah 1030 peserta yang terdiri dari PPDS sebanyak 148 peserta, program Magister sebanyak 704 orang dengan perincian Strata 2 reguler Solo sebanyak 593 peserta, strata 2 Palembang sebanyak 8 orang dan strata 2 beasiswa sebanyak 103 peserta, orang,"jelasnya.

"Untuk program Doktor sebanyak 177 peserta. Dengan perincian Strata 3 Solo sebanyak 173 peserta dan Strata 3 Palembang sebanyak 5 peserta,"imbuhnya.

Sedangkan untuk peserta yang tidak hadir saat PPDS sebanyak 2 peserta. Untuk program Magister sebanyak 13 orang dan program Doktor sebanyak 2 orang.

Ingin mengasah kemampuan ujian? Klik Try Out Online UTBK SBMPTN Okezone secara gratis di sini.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini