nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenpora Gandeng 22 Perguruan Tinggi Adakan Kuliah Kewirausahaan Pemuda

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2019 10:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 08 65 2052938 kemenpora-gandeng-22-perguruan-tinggi-adakan-kuliah-kewirausahaan-pemuda-R5dixBWg6g.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengadakan kerja sama dengan 22 universitas se-Jabotabek dalam bidang pengembangan pemuda, dengan menggelar Kuliah Kewirausahaan Pemuda 2019.

Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi lokasi pertama dari rangkaian kegiatan tersebut. Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam Sholeh mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu ikhtiar pihaknya guna menumbuhkan minat kewirausahaan di kalangan pemuda.

Baca Juga: Pusat Studi Asia Cari Partner Kerjasama di Indonesia

“Pemuda merupakan lapisan paling strategis untuk menumbuhkan wirausahawan- wirausahawan yang akan mengantarkan kemandirian kita sebagai bangsa,” kata Niam saat acara Kuliah Kewirausahaan Pemuda 2019 di Auditorium UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, beberapa waktu lalu. Dia berharap, dengan adanya kerja sama antara Kemenpora Bidang Pengembangan Pemuda dan 22 universitas di Jabodetabek itu, akan muncul alumni-alumni terbaik.

“Melalui mekanisme seleksi tentunya, guna masuk ke jenjang pendidikan pada tahap berikutnya. Yaitu pendampingan untuk mengembangkan wirausahawan muda,” imbuhnya. Bagi kaum muda yang sudah melalui proses kuliah kewirausahaan pemuda, mereka akan masuk dan terseleksi pada fase berikutnya. Nantinya mereka yang bertalenta dan punya potensi yang baik bisa memperoleh dukungan fasilitas kewirausahaan muda pemula dari Kemenpora. “Setelah tumbuh dan berkembang, mereka harus berani memulai. Kementerian akan hadir untuk memberikan stimulasi berupa dana hibah agar mereka bisa lengkap sebelum memperoleh kepercayaan dari lembaga keuangan untuk berkolaborasi. Baru setelah itu mulai berjalan maka akan kita pertemukan dengan para pelaku usaha yang sudah mapan dengan pendekatan yang kolaboratif,” ujar Niam dalam siaran persnya kemarin.

kampus

Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Imam Gunawan menambahkan, kegiatan ini ditekankan dalam rangka menumbuhkan wirausahawan yang baru. Untuk tumbuh tentunya perlu didukung berbagai aspek. “Kuliah kewirausahaan pemuda ini bagian dari upaya kita bersama agar tumbuh wirausahawan- wirausahawan yang baru. Di antara program nasional itu, ada program penumbuhan minat berwirausaha yang salah satunya adalah kuliah kewirausahaan,” katanya. Dalam kegiatan perkuliahan ini, para peserta akan diberikan banyak hal berkaitan dengan kewirausahaan, misalnya penjelasan- penjelasan atau contoh-contoh nyata seperti telling story atau telling success story tentang memulai bisnis dan pengelolaannya.

“Juga akan disampaikan cara memulai bisnis seperti apa, cara membuat rencana bisnis, cara melakukan upaya-upaya yang bisa mengantarkan kita menjadi wirausahawan. Informasi-informasi itu tentu bisa mengantarkan kita menjadi wirausahawan- wirausahan muda baru, karena insyaallah kegiatan ini tidak hanya berhenti di sini saja,” katanya.

(Binti Mufarida)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini