nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bangun Ekonomi Aceh, Unsyiah Kerja Sama dengan AcehNusa Indrapuri

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2019 20:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 08 65 2053234 bangun-ekonomi-aceh-unsyiah-kerja-sama-dengan-acehnusa-indrapuri-7pMOIN3Dqk.jpg foto: Okezone

JAKARTA - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) melakukan penandatanganan kerja sama dengan PT AcehNusa Indrapuri terkait kemitraan strategis untuk pembangunan ekonomi Aceh.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan, pihaknya sangat mendukung adanya perjanjian kerja sama ini. Apalagi, ada peran swasta yang dilibatkan untuk membangun ekonomi Aceh.

"Selamat kepada Unsyiah yang telah melakukan kerja sama ini. Dan di Aceh tidak ada lagi ekonomi biaya mahal, ujarnya, di Hotel JS Luwansa, Kuningan Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Menurutnya, saat ini tidak ada lagi pungutan liar (pungli) bagi sektor swasta yang ingin terlibat dalam pembangunan aceh. Dia mempersilakan pihak swasta untuk melakukan kerja sama dengan pihak siapapun yang bersangkutan dengan Aceh.

"Saya juga mempersilakan pihak swasta bisa melakukan kerja sama untuk kemajuan Aceh," tutur dia.

Baca Juga: Ujian Nasional Perbaikan Digelar Juli 2019

Sementara itu, Startegic Advisor PT AcehNusa Indrapuri Pranata Kusuma mengatakan, AcehNusa merupakan perusahaan pengelola Hutan Tanaman Industri (HTI). Dengan menjalin kerja sama Unsyiah maka ekonomi Aceh yang selama ini berkontribusi dari kehutanan bisa ditingkatkan.

"Oleh sebab itu kita bersinergi agar dapat meningkatkan kontribusi Aceh dari sisi sektoral bukan hanya dari sisi pertambanga, pertanian tapi dari kehutanan," jelas dia.

Dia melanjutkan, pihaknya juga bekerjasama dengan Unsyiah dalam melepaskan sebagian areal hutan sesuai dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Lahan itu nantinya akan dikembangkan menjadi investasi-investasi bangunan seperti properti.

Baca Juga: Kemendikbud: Nilai UN Tahun Ini Mengalami Kenaikan

"Karena salah satu ekonomi Aceh kontribusi yang besarnya dari sektor bangunan. Jadi ada dua, pertama sektor kehutanan dan kedua area yang dilepaskan. Itu bersama-bersama membantu Unsyiah untuk pendidikan properti," ungkap dia.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unsyiah Samsul Rizal menambahkan, PT AcehNusa Indrapuri punya lahan HTI yang sebagiannya bisa digunakan untuk tanaman rakyat. Unsyiah diajak bagaimana untuk kesejahteraan masyarakat Aceh.

"Dan kami akan memanfaatkan tanaman industrinya seperti IKEA yang sekarang sukses itu dari HTI maka kita ingin seperti itu," pungkas dia.

(fmh)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini