nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kekurangan Siswa, Sekolah di Prancis Daftarkan Domba-Domba ke Kelas

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 09 Mei 2019 21:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 09 18 2053658 kekurangan-siswa-sekolah-di-prancis-daftarkan-domba-domba-ke-kelas-9M722BBGxQ.jpg Foto: Facebook.

CRETS EN BELLEDONNE - Desa kecil pegunungan Alpen Prancis, Crets en Belledonne melakukan penghitungan domba, tidak untuk menyembuhkan insomnia, tetapi untuk mendaftarkan mereka ke sekolah. Langkah yang tampak aneh itu dilakukan untuk mengimbangi tingkat kehadiran yang rendah di sekolah di desa itu.

Sekolah dasar Jules Ferry mendaftarkan sekitar 15 domba sebagai murid pada Selasa untuk memenuhi peraturan pemerintah Prancis yang menetapkan kuota untuk jumlah siswa yang diperlukan di sebuah sekolah.

Pendidikan nasional sayangnya hanya angka, ”kata Gaelle Laval, salah satu orang tua di balik inisiatif aneh itu. "Jadi sekarang, dengan lonjakan jumlah ini, kita baik-baik saja," tambahnya sebagaimana dilansir RT, Kamis (9/5/2019).

Sekolah dasar berisiko kehilangan dana negara untuk salah satu dari sebelas kelasnya ketika angka pendaftarannya berada di bawah ambang batas yang diperlukan. Situasi itu mendorong penduduk untuk secara simbolis mendaftarkan hewan-hewan tersebut untuk memastikan kuota dipenuhi.

Para siswa manusia di Jules Ferry sangat gembira dengan kedatangan teman sekelas mereka yang baru.

“Memiliki domba di sekolah, itu super!” Kata seorang siswa berusia delapan tahun. “Saya siap untuk mengambil satu atau dua di kelas saya. Saya yakin mereka akan bekerja dengan baik. "

Upaya ini diorganisir oleh tiga orang tua, tetapi Wali Kota Crets en Belledonne, Jean-Louis Maret, telah memberikan dukungan, secara resmi mengakui hewan-hewan itu sebagai siswa di sekolah.

Domba-domba itu disediakan oleh seorang petani lokal bernama Michel Girerd, satu dari hanya 4.000 penduduk di kota kecil itu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini