nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pendakian ke Gunung Semeru Kembali Dibuka pada 12 Mei Mendatang

Avirista Midaada, Jurnalis · Jum'at 10 Mei 2019 14:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 10 519 2054023 pendakian-ke-gunung-semeru-kembali-dibuka-pada-12-mei-mendatang-xg2T2n0xgy.jpg Foto: Okezone

MALANG - Pascapenutupan akses pendakian ke Gunung Semeru lantaran faktor cuaca yang kurang mendukung disamping pemulihan ekologi lingkungan sejak 3 Januari , akhirnya Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) kembali membuka akses pendakian ke gunung tertinggi di Pulau Jawa ini.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS), John Kenedie menyebut bila pembukaan akses pendakian ke puncak Gunung Semeru dilakukan setelah melihat kondisi cuaca yang mulai mendukung dan bersahabat.

"Selama bulan Maret hingga April 2019 frekuensi hujan di seluruh kawasan TNBTS relatif menurun menjadi faktor dibukanya kembali akses pendakian," ujar John Kenedie, saat ditemui Okezone, Jumat (10/5/2019)

Menurutnya, faktor cuaca yang tak bersahabat dan pemeliharaan sarana prasarana di kawasan Gunung Semeru membuat pihaknya menutup akses pendakian sejak tanggal 3 Januari 2019 lalu.

"Kita kembali buka jalur pendakian ke Gunung Semeru per 12 Mei 2019 mendatang. Kami sudah lakukan pengecekan jalur pendakian, perbaikan sarana di jalur pendakian, dan kordinasi dengan instansi lainnya termasuk PVMBG dan BMKG," bebernya.

sd

Pihaknya juga meminta pendaki yang ingin mendaki puncak Gunung Semeru untuk tetap memperhatikan rambu dan aturan yang telah ditetapkan TNBTS selaku pengelola dan penanggungjawab Gunung Semeru.

"Kami minta pendaki menyiapkan fisik dan mental, selain itu terpenting mengikuti aturan yang ada, mulai melewati jalur resmi hingga sama - sama menjaga melestarikan ekologi kawasan TNBTS dengan tidak membuang sampah sembarangan di dalam kawasan," jelasnya.

John juga mengingatkan pendaki yang berminat melakukan pendakian ke Gunung Semeru juga melakukan pendaftaran secara online ke website www.bromotenggersemeru.org.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini